1.090 Honorer K2 Pemkot Surabaya Lolos CPNS

Tidak ada komentar 106 views

Surabaya, (DOC) – Perasaan harap-harap cemas tenaga honorer kategori II (K2) di lingkup Pemkot Surabaya yang baru saja mengikuti tes seleksi CPNS bakal terjawab. Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) pemkot menyatakan akan mengumumkan siapa saja yang lolos tes, melalui website www.surabaya.go.id mulai Jumat (21/2/2014) besok.
Kepala BKD, Mia Santi Dewi, menjelaskan, berdasar database total pegawai honorer sebanyak 3.261 orang. Dari jumlah tersebut, yang mengikuti tes seleksi CPNS sebanyak 3.214 orang. Dan yang dinyatakan lolos tes hanya 1.090 orang. Rinciannya, tenaga pendidikan yang lolos ada 742 orang, tenaga kesehatan 24 orang, dan tenaga teknis/administrasi 324 orang.
Dia menambahkan, pelaksanaan pengangkatan tenaga honorer K2 menjadi CPNS berpedoman pada peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permen PAN dan RB) Nomor 24 Tahun 2013 tentang Kebijakan Tambahan Alokasi Formasi dan Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2013.
Menyambung hal tersebut, Asisten III Sekkota Bidang Administrasi Umum, Hadisiswanto Anwar menjelaskan bahwa berdasarkan ketentuan itu, proses seleksi CPNS dari honorer K2 yang meliputi penyusunan materi dan pengolahan hasil ujian sepenuhnya menjadi kewenangan pemerintah pusat, dalam hal ini panitia seleksi nasional dengan dibantu konsorsium sepuluh perguruan tinggi negeri (PTN).
“Jadi yang menentukan kriteria passing grade itu pemerintah pusat. Sedangkan pemerintah daerah hanya diberi mandat menyiapkan database peserta tes,” ujar Hadi, Kamis (20/2).
Para peserta tes yang lolos tentu akan segera melewati proses pemberkasan menjadi CPNS. Sedangkan bagi honorer K2 yang tidak lolos tes, Hadi mengaku belum ada penjelasan lebih lanjut mengenai itu. Pasalnya, pemkot masih akan menunggu keputusan/kebijakan dari pemerintah pusat. Sejauh belum ada instruksi, tenaga honorer K2 yang tidak lolos tersebut bekerja seperti biasa. (r4)