10 Kapal Pesiar Pernah Sandar di Surabaya

Tidak ada komentar 121 views

Surabaya,(DOC) – Selama bulan Maret 2014, Surabaya sudah dkunjungi 10 kapal pesiar. Ini menandakan Kota Pahlawan merupakan salah satu kota yang menarik unuk dikunjungi. Selasa (25/3/2014), kapal pesiar Holland America Line, berkapasitas 2000 orang beserta kru merupakan kapal pesiar kesupuluh yang bersandar di Surabaya.

Wisatawan asing yang mengikuti paket city tour sebanyak 245 orang. Mereka akan menikmati suasana Surabaya dengan mengunjungi Balai Kota, Pasar Bunga Kayoon, Monkasel, Patung Joko Dolog, dan House of Sampoerna. Wisatawan asing di bagi menjadi dua grup, pertama dengan mengendarai 4 bus sekitar pukul 09.00 wib tiba di Balai Kota Surabaya. Sedangkan grup kedua, mereka datang sekitar pukul 11.00 wib.

Kedatangan wisatawan dari berbagai Negara ini disambut tarian reog Ponorogo, terlihat di wajah mereka sangat kagum, beberapa dari mereka tak luput untuk mengabadikan pertunjukan reog Ponorogo. Tampak salah satu wisatawan juga tidak takut untuk naik di pundak reog.

Setelah selesai menikmati dan memotret Reog Ponorogo, mereka kemudai masuk ke loby Balai Kota disambut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Wiwiek Widayati. Sebagai souvenir setiap wisatawan diberikan udeng dan selendang. Sebelum menikmati santap makan, mereka menikmati sajian tari Lenggang Suroboyo, saking senangnya ada beberapa dari mereka yang ikut menari Lenggang Suroboyo dipandu si penari.

Menurut, Ida Widayati, Kepala Bidang Objek dan Promosi, kapal pesiar yang berkunjung ke Surabaya terus bertambah. Untuk bulan Maret sudah 10 kapal pesiar. Belum lagi nanti rencannya bulan Juni ada kapal pesiar yang akan bermalam di Surabaya. “Bulan Agustus nanti Surabaya rencananya akan dikunjungi kapal pesiar yang lebih besar dari hari ini,” ujarnya.

Semakin banyaknya kapal pesiar yang bersandar di Surabaya menandakan Surabaya masih menjadi magnet bagi wisatawan mancanegara. Untuk itu, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya bekerjasama dengan agen perjalanan memilih lokasi-lokasi yang diminati wisatawan.

“Semakin banyak kapal pesiar yang berkunjung ke Surabaya, kita akan menyiapkan tempat baru yang menarik. Tahun depan, aktifitas di pelabuhan Kalimas, Gereja Kepanjen, aktifitas Pasar Tradisional Pabean menjadi salah satu lokasi yang akan dikunjungi. Jadi mereka sebelum menjual paket biasanya sama –sama kita survei untuk tempat-tempat yang bisa dijual ke wisatawan,” tukasnya. (humas/r7)