10 Tim Berlaga di Piala Dunia 2014

Tidak ada komentar 117 views

Brasil, (DOC) – Dengan semakin dekatnya perjalanan menuju Piala Dunia 2014, perebutan tiket ke Brasil melalui ajang kualifikasi menjadi semakin panas dan menegangkan. Namun sembilan negara ini sudah bisa menarik napas lega karena, bersama tuan rumah Brasil, telah memastikan akan tampil di putaran final musim panas tahun depan.
Jepang menjadi tim pertama yang merebut tiket ke Piala Dunia 2014. Hasil imbang 1-1 dengan Australia pada 4 Juni cukup untuk meloloskan mereka dari Grup B dan pasukan Alberto Zaccheroni ini akan tampil untuk kelima kalinya di Piala Dunia.
Pesaing utama Jepang di Grup B zona Asia adalah Australia dan mereka pun berhasil memastikan tempat di Brasil. Sundulan pemain pengganti Joshua Kennedy pada menit-menit akhir membawa the Socceroos menang 1-0 atas Irak pada 18 Juni, dan mereka akan bermain di putaran final Piala Dunia untuk keempat kalinya.
Iran juga akan tampil di Piala Dunia untuk keempat kalinya setelah gol dari Reza Ghoochannejhad pada babak kedua dalam pertandingan 18 Juni cukup untuk membawa tim yang diarsiteki Carlos Queiroz ini menundukkan Korea Selatan di Ulsan dan merebut tiket dari Grup A zona Asia.
Korea Selatan harus menunggu hingga detik akhir sebelum memastikan tiket mereka ke Brasil. Pesaing mereka di Grup A, Uzbekistan, harus menang dengan enam gol atau lebih atas Qatar jika ingin lolos ke Piala Dunia 2014. Sayangnya, Uzbekistan hanya bisa menang 5-1 di Tashkent sehingga Korea Selatan lah yang akan tampil di putaran final Piala Dunia untuk kesembilan kalinya berkat keunggulan selisih gol.
Finalis Piala Dunia 2010 Belanda termasuk tim pertama dari Eropa yang mengamankan jatah ke Brasil 2014. Dua gol cepat dari Robin van Persie memberi mereka kemenangan 2-0 atas tim terlemah Grup D Andorra pada 10 September, dan kekalahan Romania oleh Turki membuat Pasukan Louis van Gaal memuncaki grup dengan 22 poin dan cukup untuk memastikan mereka tak terkejar lagi.
Juara dunia empat kali Italia akan tampil di Piala Dunia untuk ke-20 kalinya setelah mengalahkan Republik Cek 2-1 di Grup B pada 10 September, dan Mario Balotelli mencetak gol penentu kemenangan melalui titik penalti. Kemenangan itu membuat mereka tak terkalahkan di Grup B dan unggul tujuh poin dari rival terdekat Bulgaria.
Zona CONCACAF meloloskan dua wakilnya pada 10 September. Kemenangan 2-0 AS atas Meksiko di Columbus, dan hasil imbang Honduras dan Panama, membuat tim AS lolos ke putaran final Piala Dunia untuk ke-10 kalinya.
Kosta Rika juga mendapatkan hasil yang mereka inginkan di zona CONCACAF pada malam yang sama dengan AS. Hasil 1-1 melawan Jamaika di Kingston cukup membawa the Ticos ke putaran final Piala Dunia untuk keempat kalinya.
Pada 10 September juga ada tim pertama zona Amerika Selatan (selain tuan rumah Brasil tentu saja) yang lolos ke Piala Dunia 2014. Pesta gol terjadi di Asuncion saat Argentina menundukkan Paraguay 5-2 dan menjamin tempat di putaran final Piala Dunia untuk ke-16 kalinya bagi Lionel Messi dkk. (pls/r4)