D-ONENEWS.COM

13 Tahanan Polrest Balikpapan Kabur Jebol Teralis, 3 Tahanan Tertangkap Kembali

Balikpapan,(DOC) – Kembali tahanan kepolisian melarikan diri, kali ini terjadi di Kepolisian Resort (Polrest) Balikpapan, Kalimantan Timur. Kurang lebih 13 orang tahanan melarikan diri dari tahanan dengan menjebol teralis besi di atas teras tahanan, Kamis(26/1/2017) sekitar pukul 04.20 Wita.
Aksi belasan tahanan ini, saat akan kabur, membelok kan kamera CCTV terlebih dahulu, kemudian mereka naik menggunakan pintu WC sebagai tangga.
“Semua terjadi saat waktu mereka tidur,”.
“Tahanan memutus besi teralis atap hall dengan memakai pintu kamar mandi sebagai pijakan dan pelarian, kemudian menaikinya dan kabur.  Untuk kelancaran aksi, mereka juga  membengkokkan CCTV yang mengarah ke teras,” ujar Humas Polres Balikpapan, Iptu Suharto
Menurut Iptu Suharto, Aksi mereka dilakukan saat semuanya tidur. Sementara langit-langit teralis itu pendek, bisa dijangkau dengan hanya memanggul.
Ke 13 tahanan yang kabur tersebut, terdiri dari 10 tahanan kasus narkotika, satu tahanan pencurian dengan kekerasan, dan 2 tahanan kasus pencurian.
“Ruang tahanan Polres Balikpapan menjadi satu dengan bangunan induk kantor, tapi letaknya di belakang, mepet dengan Sentra Pelayanan Kepolisian Polres dan hanya dipisah dinding dan lorong dengan tiga pintu jeruji besi,” imbuh Iptu Suharto.
Setiap hari terdapat 10 polisi jaga dalam satu shift. Ruang tahanan sendiri terdiri dari 5 ruang, yang tiap pintunya terhubung langsung dengan hall tahanan dan kamar mandi. Biasanya mereka berolahraga dan berinteraksi dengan tahanan lain di hall ini. Semua aktivitas di sana terpantau dua CCTV yang mengarah ke pintu keluar masuk dan beranda.
Selama ini, menurut Suharto, kapasitas tahanan sudah overload karena dihuni oleh 86 orang. Akhir-akhir ini tindak kriminalitas memang meningkat karena dipicu ekonomi yang sulit.
“Kapasitas ideal hanya 35 tahanan diantaranya 13 tahanan perempuan. Kemungkinan penyebab mereka kabur salah satu faktornya ini. Mengingat bangunan fisik tahanan sudah tua dan perlu renovasi sekaligus fasilitas lebih,” ungkap Suharto.
Sementara itu, belum genap 24 jam, polisi sudah menangkap sejumlah tahanan yang kabur yaitu salah satunya bernama Agus Irawan(31) alias Apul, tahanan kasus narkotika. Agus menyerahkan diri kepada seorang polisi wanita yang bertugas di Satuan Lalu Lintas Polda Kaltim.
“Orangtuanya yang menyerahkan ke polisi. Kebetulan mereka bertetangga di Kelurahan Sepinggan,” kata Suharto.
Menyusul, tahanan pencurian  bernama Bernandus Rinto(33). Ia tertangkap di rumahnya di Kilometer 6 Balikpapan.
“Satu lagi (Supriadi alias Uci) baru saja tertangkap dan masih diperiksa,” kata Kapolres Balikpapan, AKBP Jeffri Dian Juniarta.
Selain mengejar para tahanan kabur, polisi juga memeriksa dugaan kelalaian petugas jaga.(ut/mi/kompas/r7)
 
Berikut Foto Sejumlah Tahanan Kabur

Loading...