138 Perwira Ikuti Pertemuan Evaluasi Baksos TNI

Tidak ada komentar 140 views

Jakarta, (DOC) – Sebanyak 138 Perwira TNI mengikuti pertemuan evaluasi hasil Bakti Sosial (Baksos) TNI Keluarga Berencana Kesehatan (KB-Kes) Kemitraan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dengan TNI yang dibuka langsung oleh Kepala BKKBN Prof. dr. H. Fasli Jalal, Ph.D., Sp.GK., didampingi Aster Panglima TNI Mayjen TNI DR. S. Widjonarko, S.Sos., M.M., M.SC., di Ball Room Hotel Olive, Tangerang, Jumat (6/12/2013).
Dalam sambutan tertulis Panglima TNI yang dibacakan Aster Panglima TNI Mayjen TNI DR. S. Widjonarko, S.Sos., M.M., M.SC., bahwa program bakti sosial kemitraan BKKBN dengan TNI bertujuan untuk membantu pemerintah mengendalikan jumlah penduduk agar tumbuh seimbang sesuai dengan ketersediaan pangan dan energi yang mampu dikelola oleh negara.
Penduduk Indonesia saat ini mengalami peningkatan yang luar biasa, dengan jumlah yang sudah mencapai lebih dari 234 juta jiwa. Jumlah tersebut menduduki rangking ke-4 terbanyak di dunia setelah China, India dan Amerika Serikat. Perbandingan antara jumlah penduduk dengan ketersediaan pangan maupun energi semakin tajam, berdampak pada pemenuhan kebutuhan pangan, pendidikan dan kesehatan akan semakin sulit.
Lebih lanjut Panglima TNI menegaskan bahwa, keikutsertaan TNI dalam kegiatan Program KB bukan karena TNI memiliki kemahiran secara teknis dalam bidang KB, tetapi lebih didasari oleh karena TNI memiliki komitmen untuk turut serta membangun bangsa dan negara bersama komponen bangsa lainnya, yaitu menyiapkan penduduk agar memiliki kualitas yang baik. Organisasi TNI yang tersebar luas di seluruh pelosok tanah air serta memiliki struktur komando vertikal yang sangat solid, memudahkan TNI untuk memberikan dukungan kepada program BKKBN dalam percepatan pelaksanaan program KB secara nasional.
Diakhir amanatnya Panglima TNI berharap agar evaluasi yang dilaksanakan di tahun 2013 akan mampu memberikan rekomendasi yang konkrit untuk program bakti sosial kemitraan BKKBN dengan TNI di tahun 2014. Panglima TNI juga menyampaikan terima kasih kepada anggota TNI yang bertugas di daerah yang telah dengan sungguh-sungguh membantu merealisasikan kegiatan BKKBN sampai kelini yang paling bawah, yaitu di pelosok-pelosok desa seluruh Indonesia. “Teruskanlah kerja sama yang baik dengan jajaran BKKBN yang ada di daerah, laksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dilandasi oleh jiwa sebagai tentara rakyat, tentara pejuang dan tentara professional”, kata Panglima TNI.
Dalam kesempatan tersebut juga dipaparkan pengalaman hasil pelaksanaan Baksos TNI Manunggal KB-Kes di wilayah Korem 131/Santiago Manado Sulawesi Utara oleh Kasiter Korem Letkol Inf Teo Kawatu dan pengalaman pelaksanaan Bakti Sosial TNI KB Kesehatan dari Pontianak Provinsi Kalimantan Barat oleh Kepala Perwakilan BKKBN Ir. Dwi Listiawardani, M.Sc., DIP.c. (puspen/r4)