D-ONENEWS.COM

15 Rumah Rusak Akibat Longsor

longsor_lumajangLumajang,(DOC) – Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Lumajang, Minggu(10/07/2016) kemarin lusa, membuat tanah longsor diwilayah Dusun Sidomukti, Desa Tamanayu, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Sedikitnya 15 rumah rusak akibat tertimpa tanah longsor. “Ada 15 rumah tertimpa longsoran, karena bangunan tersebut berada dekat dengan tebing,”kata Hendro Wahyono, Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah(BPBD) Kabupaten Lumajang, kepada d-onenews.com, Selasa(12/7/2016).
Menurut Ia,  terdapat 4 rumah rusak berat dan selebihnya rusak ringan.  Hendro menjelaskan, 4 rumah rusak berat itu, milik Matsukri, Dusun Sidomukti RT 25 RW 09, yang mengalamai kerusakan dibagian dapur,  Mudi, Dusun Sidomukti RT 25 RW 09, rusak di bagian dinding, P. Subur, di dusun Sidomukti  RT 26 RW 09, bagian dapurnya roboh. “Dampak longsor juga membuat 20 rumah warga mengalami rusak ringan,” jelas Hendro.
Selain bangunan, longsor juga mengakibatkan 8 titik jalan sepanjang Dusun Sidomukti, Desa Tamanayu Lumajang juga mengalami rusak.”Beruntung dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa, namun kerusakan rumah warga masih kita kaji,”ujarnya
Menurut Hendro, Desa Taman Ayu ini merupakan salah satu desa yang rawan longsor. Bahkan Kementrian ESDM pernah menempatkan lima alat deteksi untuk memberikan peringatakn kepada warga jia terjadi pergerakan tanah.
“Alat ini akan membunyikan sirine jika longsor terjadi, namun bunyi tersebut tidak terlalu keras mas, hanya warga yang dekat dengan alat tersebut,”jelasnya.(Mam/r7)

Loading...