164 Atlet TNI Ikuti Lomba Menembak Piala Panglima TNI

Jakarta, (DOC) – Sebanyak 164 Atlet TNI dari Mabes TNI, TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut dan TNI Angkatan Udara mengikuti kejuaraan Lomba Menembak Piala Panglima TNI tahun 2013, yang berlangsung selama lima hari (28 Oktober s.d 1 November 2013). Kejuaraan lomba menembak secara resmi dibuka oleh Perwira Staf Khusus Polisi Militer (Passuspom) TNI Mayjen TNI Maliki Mift, S.I.P., M.H. mewakili Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko di Lapangan Tembak Kartika Divisi I Kostrad Cilodong, Depok-Jawa Barat, Senin (28/10/2013).
Kejuaraan ini dilaksanakan sebagai sarana evaluasi prestasi cabang olahraga menembak dan mengetahui sejauhmana peningkatan kemampuan para petembak hasil binaan masing-masing angkatan, sekaligus merupakan seleksi bagi petembak untuk nantinya disiapkan sebagai tim petembak TNI dalam rangka lomba menembak menghadapi kejuaraan Brunai Internasional Skill at Arms Metting (BISAM) tahun 2014 di Brunai Darusalam.
Panglima TNI dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Passuspom TNI mengatakan bahwa, kemampuan menembak bagi setiap prajurit merupakan sebuah tuntutan. Kemampuan ini menjadi sangat penting dihadapkan pada tugas-tugas TNI, khususnya dalam bentuk Operasi Militer untuk Perang (OMP). “Kemampuan menembak juga semakin menunjukkan profesionalitas prajurit TNI, yang pada gilirannya akan semakin meningkatkan kemampuan TNI sebagai alat pertahanan negara”, ujarnya.
“Lomba menembak merupakan salah satu cabang olahraga yang bergengsi di tingkat nasional, regional maupun internasional. Olahraga menembak baik versi militer maupun versi Perbakin telah ikut mengharumkan nama dan harkat martabat TNI dan bangsa Indonesia di tingkat regional dengan harapan suatu hari kelak dapat menembus tingkat internasional”, kata Panglima TNI.
Lebih lanjut Panglima TNI mengatakan, pada tingkat internasional kemampuan menembak para prajurit TNI dapat ditunjukkan kepada militer negara-negara di dunia yang tergabung dalam dewan olahraga militer internasional. “Kemampuan menembak setiap prajurit harus terus dipelihara dan ditingkatkan melalui berbagai kegiatan latihan dan event-event lomba yang akan memotivasi setiap prajurit untuk mencapai prestasi terbaik”, harapnya.
Turut hadir dalam acara tersebut Danjen Kopassus Mayjen TNI Agus Sutomo, Dankorpaskhas Marsda TNI Ammarullah, serta para pejabat TNI dan Angkatan. (puspen/r4)