184 Calon Babinsa Siap Laksanakan Serbuan Teritorial

Surabaya, (DOC) – Setelah mendapat bekal ilmu pengetahuan dan keterampilan tentang Pembinaan Teritorial di Aula Bhasakara Korem 084/Bhaskara Jaya. 184 prajurit calon Bintara Pembina Desa (Babinsa) siap memperkuat dan membantu tugas-tugas kodim-kodim jajaran Korem 084/Bhaskara Jaya.
Dalam amanat Danrem 084/Bhaskara Jaya pada Penutupan Pembekalan Calon Babinsa. yang dibacakan oleh Kasrem 084/BJ Letkol Inf Agung Dwi Kuncoro, mengatakan bahwa dengan selesainya kegiatan pembekalan ini bukan berarti tugas sudah selesai, tetapi justru merupakan start awal pengabdian untuk mengaplikasi teori, praktek dan pengalaman territorial guna menunjang pelasanaan tugas di lapangan.
Sebagai prajurit territorial yang professional dan modern, para calon Babinsa dituntut memiliki kepekaan, kepedulian dan ketajaman dalam memprediksi setiap dinamika dan potensi konflik yang mungkin di wilayah. Temu cepat dan lapor cepat bukan hanya slogan ujar Danrem, namun harus benar-benar dapat diterapkan di medan penugasan yang ke depan semakin berat dan kompleks. Pelajari dan pahami kearifan lokal serta kembangkan terus wawasan berpikir yang luas, arif dan bijaksana dengan tetap berpedoman pada atura, norma, prosedur dan kedtentuan yang berlaku diwilayah masing-masing.
Kemampuan melaksanakan prosedur K3I (Komando, Kendali, Koordinasi dan informasi) hanya dapat dikuasai dengan mengembangkan budaya belajar dan berlatih secara mandiri, menambah wawasan, mengasah ketajaman analisa serta mempertinggi kepekaan terhadap setiap peka terhadap perkembangan lingkungan tegas Danrem. Lebih lanjut Danrem mengingatkan agar seluruh aparat territorial senantiasa memantabkan pembinaan wilayah dengan bertukar informasi, berkomunikasi dan berkoordinasi dengan tokoh agama, tokoh masyarakat serta intansi terkait. Dengan koordinasi yang baik akan tercipta kebersamaan, kekompakan dan sinergisitas.
Upacara penutupan pembekalan dihadiri oleh para Kasi, Kabalak dan seluruh perwira Korem 084/BJ. Acara Upacara Penutupan diakhiri dengan pemberangkatan Personil calon Babinsa ke wilayah Kodim Jajaran Korem 084/BJ. (Pendam/r4)