19 Mahasiswa Beasiswa TNI Lulus Sidang Pantukhir

Tidak ada komentar 153 views

Bandung, (DOC) – Sebanyak 19 Mahasiswa Beasiswa TNI dinyatakan lulus dalam sidang Penentuan Terakhir (Pantukhir) yang digelar di Skadron Pendidikan (Skadik) 302 Wing Pendidikan Teknik dan Pembekalan (Wingdiktekkal) Lanud Husein Sastranegara Bandung Jawa Barat, Selasa (5/3/2013). 
Sidang Pantukhir yang dipimpin Aspers Panglima TNI Marsda TNI Bambang Wahyudi, S.Ip. dan didampingi Aspers Kasal Laksda TNI Ir. Sudirman S.E., Aspers Kasau Marsda TNI Mawardi dan Waaspers Kasad Brigjen TNI Aris Martono memutuskan dari 43 calon Mahasiswa Beasiswa TNI yang mengikuti seleksi tingkat pusat penerimaan Mahasiswa Beasiswa TNI hanya 19 orang yang dinyatakan lulus dan memenuhi syarat standar rekrutmen TNI untuk menjadi calon Perwira Prajurit Karier (Pa PK) TNI.
Alokasi untuk penerimaan Mahasiswa Beasiswa TNI TA 2012 adalah 45 orang dengan rincian, TNI AD 20 orang (17 pria dan 3 wanita), TNI AL 15 orang (12 pria dan 3 wanita) dan TNI AU 10 orang (10 pria). Namun dari alokasi yang ditentukan tersebut hanya 19 orang yang dinyatakan lulus dan memenuhi syarat untuk menjadi Mahasiswa Beasiswa TNI yang terdiri dari TNI AD 8 orang (7 pria dan 1 wanita), TNI AL 6 orang ( 4 pria dan 2 wanita), dan TNI AU 5 orang (semuanya pria).
Mahasiswa Beasiswa TNI yang dinyatakan lulus seleksi nantinya akan kembali melanjutkan kuliahnya dan mendapatkan bantuan pendidikan berupa tunjangan beasiswa sebesar Rp. 1.000.000,-/bulan hingga lulus kuliah dan tunjangan skripsi satu kali sebesar Rp. 2.000.000. Setelah lulus kuliah Mahasiswa Beasiswa TNI harus melaporkan diri pada satuan pembina untuk disampaikan ke satuan atas dan dipanggil mengikuti pendidikan pertama calon perwira TNI.
Program penerimaan Mahasiswa Beasiswa TNI calon Pa PK merupakan salah satu program penerimaan calon Pa PK TNI yang bersumber dari mahasiswa perguruan tinggi negeri dan swasta. Penerimaan Pa PK TNI diarahkan untuk mengisi jabatan yang membutuhkan kualifikasi sesuai dengan jurusan atau program studinya seperti kedokteran umum, kedokteran gigi, kedokteran hewan, dan psikologi dan lain-lain. Program ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan jurusan atau formasi yang belum dan masih terdapat kekurangan pada penerimaan calon Pa PK TNI sebagaimana kebutuhan jurusan yang telah diajukan oleh TNI AD, AL dan AU. (puspen/r4)