D-ONENEWS.COM

2.000 Bus Di Siapkan Menyambut Lebaran

bus_lebaranSurabaya,(DOC) – Sekitar 2.000 unit Bus disiagakan di Terminal Purabaya dan Tambak Osowilangun untuk angkutan lebaran tahun ini. Dari jumlah itu 900 unit diantarannya dalah Bus Antar Kota Dalam Provinsi(AKDP). Plt.  Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya, Irvan Wahyu Drajat mengatakan, seluruh bus angkutan lebaran ditempeli stiker Angkutan Layak Lebaran 2016.
“Stiker itu menjamin bus layak jalan,” tuturnya
Irvan mengatakan penempelan stiker dilakukan 16 juni kemarin. Apabila ditemukan Bus yang tak layak jalan, Dinas Perhubungan bekerjasama dengan aparat kepolisian langsung memberikan sanksi tilang, kemudian mengeluarkan dari terminal.
“Kita keluarkan kosongan, rata-rata ada 5 unit bus,” ungkapnya
Selain mengoperasikan ribuan bus diterminal, Dinas Perhubungan juga menyiagakan sejumlah bus cadangan yang meliputi Bus Pariwisata, Bus DAMRI dan kendaraan TNI/Polri. Namun menurut Irvan, problem utama angkutan lebaran bukan terletak di terminal. Keterlambatan datangnya angkutan lebara di terminal akibat kemacetan lalu lintas di jalan.
“Di Jatim ada beberapa kawasan yang memamng menjadi titik-titik kemacetan lalu lintas,” tutur Irvan
Tahun ini, sesuai ketentuan Kementrian perhubungan, arus mudik lebaran mulai H-12 hingga H+10, atau 24 Juni hingga 17 Juli. Sebelum dioperasikan pada masa mudik lebaran, Dinas perhubungan mengecheck seluruh angkutan lebaran yang akan dioperasikan, mulai masalah administratif, seperti STNK, SIM, Uji Kendaraan, Kartu trayek. Sedangkan pemeriksaan fisik kendaraan, meliputi, kondisi ban, hanrem, spedo meter dan lampu serta sabuk pengaman.
“Kemudian, masalah tanggap darurat seperti pemecah kaca, pemadam kebakaran dan kotak PPPK,” tandasnya
Apabila ada pelanggaran Bus AKDP, Dinas perhubungan Surabaya akan melaporkan ke Pemprof Jatim. Sementara, AKP ke Kementrian Perhubungan.(k1/r7)

Loading...