2 anggota Dewan Walkout Protes Dana Siluman APBD 2013

Surabaya , (DOC) – Rancangan APBD kota Surabaya 2013 , hari ini disahkan dalam sidang Paripurna DPRD Kota Surabaya. Kekuatan RAPBD 2013 ditetapkan bertambah menjadi Rp. 5,7 Trilliun.
Walikota Surabaya dan Ketua DPRD Surabaya menandatangani nota kesepakatan RAPBD 2013 yang selanjutnya akan di serahkan ke Gubenur Jawa Timur untuk mendapatkan persetujuan.
Pengesahan APBD ini nampaknya tidak mendapat dukungan dari segenap anggota Dewan yang mengikuti sidang Paripurna, akibat adanya selisih dana anggaran sebesar Rp. 200 milliar. Agus Sudarsono anggota Fraksi Golkar dan Reni Astuti dari Fraksi Keadilan sejahtera, terpaksa melakukan walk out sebagai bentuk protes atas pengesahan anggaran kegiatan dalam RAPBD 2013.
Dalam kesempatan tersebut, Agus Sudarsono yang juga anggota Komisi C DPRD Surabaya menyatakan, Sejumlah anggaran kegiatan yang semula tidak di alokasikan, secara tiba-tiba muncul dalam pengesahan RAPBD 2013 siang ini, Senin(10/12/12). Kekuatan anggaran RAPBD 2013 semula Rp. 5,5 trilliun menjadi Rp. 5,7 trilliun.
“kita hanya menanyakan standarisasi pengalokasian dana kegiatan dalam APBD 2013. Seperti pengesahan UMK sebesar Rp. 73 milliar, usulan dari SKPD dan belum mendapat persetujuan dari Walikota, namun dana tersebut sudah disahkan dalam RAPBD 2013.” Kata Agus.
Agus yang juga anggota badan musyawarah(Banmus) menambahkan, sebelum disahkan dalam Paripurna, Banmus selalu membahasnya terlebih dahulu atas alokasi dana kegiatan yang akan disahkan. ”Banmus yang telah digelar sehari sebelumnya, tidak membicarakan soal kegiatan ini, kok sekarang disahkan, untuk itu dirinya melakukan protes. Tapi saya bisa apa, kan semua kewenangan ketua.” Imbuh Agus.
Sementara itu, hal yang sama juga disampaikan oleh Anggota Fraksi PKS, Reni Astuti yang menganggap selisih anggaran Rp. 200 milliar, merupakan anggaran siluman.
“kalau memang anggaran Rp 200 miliar itu dimasukan dalam pengesahan APBD, seharusnya ada rincian tertulis agar anggota dewan bisa tahu detil anggarannya.” Tegas wanita berjilbab ini.(R4/R7)