2 Nama Bacaleg Dari Partai Hanura dan PKB Dicoret KPU Surabaya

Surabaya,(DOC) – KPU Surabaya, Rabu(8/5/2013) hari ini, menyerahkan berkas para bakal caleg yang terdapat kekurangan syarat-syarat administrasinya. Hampir seluruh partai peserta pemilu, mempunyai kekurangan kelengkapan data para bakal caleg yang harus diperbaiki sampai tanggal 22 Mei mendatang.
Kekurangan syarat administrasi itu rata rata soal penyebutan nama yang tidak sesuai dengan KTP dan tidak melampirkan keterangan sehat rohani.
Salah satu komisioner KPU Surabaya Edward Dewaruci menyatakan, syarat administrasi ini harus di lengkapi terlebih dahulu sebelum KPU menetapkan dalam daftar calon sementara pada tanggal 22 Mei mendatang.
“Dari 500 bacaleg tersebut, memang syarat administrasi yang belum lengkap hanya soal pencantuman nama sesuai KTP dan keterangan sehat rohani. Tetapi kasus yang paling menonjol saat veryvikasi syarat administrasi bacaleg dilakukan, yaitu soal pencoretan 2 nama bacaleg dari daftar calon sementara karena masih dibawah umur 21 tahun,”katanya saat ditanya dikantor KPU Surabaya, Rabu(8/5/2013).
Ia menyatakan, syarat dan ketentuan pencaleg yang diatur oleh Undang Undang Pemilu, calon legeslatif peserta pemilu harus minimal berumur diatas 21 tahun, sehingga dengan modal itu, KPU Surabaya mencoretnya. Sayangnya Edward masih enggan menjelaskan nama 2 caleg yang dicoret KPU, hanya menjelaskan 2 bacaleg yang dicoret tersebut berasal dari partai PKB dan Hanura.
“Kita menyeleksi data 500 orang yang akan maju pemilu, jadi nama bacalegnya yang dicoret saya lupa. Tapi yang jelas ada 2 nama yang dicoret itu, karena masih belum genap umurnya 21 tahun, hanya kurang beberapa bulan saja,” jelas Edward.
Sementara itu mengenai, pergantian nama bacaleg dari partai selama masa perbaikan ini berlangsung, Edward menjelaskan, Partai Politik peserta pemilu masih bisa mengutak-atik nama nama bacaleg yang akan maju atau mundur dalam pemilu legeslatif mendatang. Termasuk soal pindah dapil dan nomor urut bacaleg.
“Semua terserah partai, setelah tanggal 22 Mei nanti, sudah tidak boleh lagi mengganti nama bacaleg yang akan mundur atau pindah dapil, karena KPU akan langsung melakukan veryvikasinya selama seminggu. Lalu nama nama Bacaleg tersebut akan dimasukkan ke dalam Daftar Calon Sementara hingga pengumuman Daftar Calon Tetap pada Agustus 2013 mendatang,”terang Tetet panggilan akrab Edward Dewaruci.(r7)