2 Orang Terduga Teroris Diamankan di Surabaya Dan Malang Jatim

Surabaya,(DOC) – Seorang terduga teroris berinisial Jenggot(40), yang di indikasikan tergabung dalam kelompok ISIS dari jaringan Abu Jandal, ditangkap Satbrimobda Polda Jatim dirumah kostnya, jalan Tanah Merah II, Tanah Kali Kedinding, Kenjeran, Surabaya, Senin(19/6/2017).

“Saya lihat pak Jenggot dibawa tiga orang berpakaian hitam-hitam, mungkin Brimob atau Densus 88. Itu panggilannya dan gak tahu nama aslinya,” ungkap Budi Slamet, salah satu warga sekitar.

Selama ini warga tak menyangka, jika tetangganya tersebut terlibat jaringan ISIS terduga teroris. Warga hanya mengetahui, kesehariannya berjualan sayur keliling menggunakan motor.

“Semua tahu hanya pedagang sayur keliling. Berangkat jam 6 pagi, pulang jam 12 siang, tiap hari,” kata Budi.

Jenggot telah tinggal di rumah kos tersebut hampir satu setengah tahun bersama istri dan empat orang anaknya. Menurut dia, tetangganya itu dikenal pendiam dan ramah kepada warga sekitar.

“Delapan bulan saya mengenalnya. Kalau gayanya selalu memakai celana cingkrang dan memiliki jenggot panjang sedada, karena itu dipanggil Pak Jenggot,” pungkasnya.

Sementara keterangan Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera menyatakan, Jenggot memiliki nama asli berinisial ATM. Dihari yang sama dan waktu terpisah, Densus 88 Mabes Polri dibantu Polda Jatim juga menangkap terduga teroris di Malang berinisial SM.

“SM dan ATM pernah pergi ke Suriah karena factor ekonomi, disana keduanya kecewa karena hanya dibayar Rp.600 ribu perbulan,” paparnya.(trib/r7)