2018: Apersi Targetkan 12.000 Unit Rumah Subsidi di Jatim

Surabaya, (DOC)–Asosiasi Pengembang dan Perumahan Seluruh Indonesia (Apersi) Jawa Timur menargetkan dapat membangun 12 ribu unit rumah bersubsidi di tahun 2018. Dua ribu unit rumah di antaranya akan dibangun di Bangkalan, Madura.

Ketua Asosiasi Pengembang dan Perumahan Seluruh Indonesia (Apersi) Jatim Supratno mengatakan, pembangunan rumah bersubsidi tersebut nantinya akan tersebar di seluruh Jawa Timur, kecuali Surabaya. Pasalnya, harga tanah di Surabaya tidak terjangkau oleh pengembang jika harus menjual rumah bersubsidi sesuai ketentuan pemerintah yakni seharga Rp 123 juta. “Harga tanah di Surabaya sudah tidak bisa lagi menyesuaikan ketentuan rumah subsidi,” ujarnya.

Sementara Harga tanah di Surabaya sendiri sudah mencapai Rp 30 juta per meter persegi. Sementara itu daerah pinggiran Surabaya yakni Mojokerto, Gresik dan Sidoarjo pembangunan rumah bersubsidi hanya sebagian kecil. Oleh karenanya, tahun 2018 mendatang Kota Bangkalan akan menjadi sasaran utama para pengembang untuk melakukan pembangunan rumah bersubsidi sebanyak 2000 unit.

Supratno menambahkan saat ini pihaknya baru mengurus izin pembangunan untuk 400 rumah di Bangkalan dan semua unit sudah habis terjual. Sebagian besar pembeli berasal dari Surabaya. “Lokasi di Bangkalan dinilai cukup dekat dengan Surabaya/ lantaran saat ini telah tersedia akses jembatan Suramadu untuk surabaya madura,” paparnya, Selasa (5/12/2017) siang.

Supratno juga optimistis pertumbuhan properti tahun ini bisa lebih baik dibandingkan tahun lalu. Namun kondisi politik terkait pelaksanaan Pilkada serentak 2018 dan Pemilu Legislatif serta Pilpres 2019 juga diperkirakan mempengaruhi kondisi ekonomi. (Nps)