Tiga Anggota PPK Diberhentikan KPU Surabaya

Tidak ada komentar 117 views

Surabaya,(DOC) – Sebanyak 3 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan atau PPK di Surabaya diberhentikan dari jabatannya. Ketua KPU Surabaya, Eko Sasmito, di sela pelantikan relawan demokrasi dan pelatihan PPK se-Surabaya di Citra raya Golf mengatakan, pemberhentian tersebut dilakukan karena mereka melakukan pelanggaran yang tidak bisa ditolerir.
“Dalam organisasi kan ada kode etik penyelanggara, misal transparansi dan pertangung jawaban” terangnya, Rabu (11/12/2013) kemarin.
Eko menegaskan, dalam menjalankan tugasnya seluruh anggota PPK dan PPS harus mematuhi kode etik penyelenggara pemilu. Namun, ironisnya, dari hasil evaluasi beberapa PPK terbukti melakukan tindakan yang bertentangan dengan aturan tersebut.
“Dari evaluasi memang ada beberapa PPK yang bermasalah” ungkapnya
Untuk mengatasi persoalan beberapa anggota PPK yang bermasalah, pihaknya melakukan koordinasi dalam menyelesaikannya.
“itu kita selesaikan melalui koordinas dengan mereka” tuturnya.
Eko sasmito mengakui, kinerja beberapa PPK tidak optimal. Beberapa PPK ternyata tidak begitu aktif menjalankan tugasnya. Untuk menigkatkan kinerja aparatnya di lapangan, KPU telah memberikan pembinaan.
“Yang tidak aktif, kita ingatkan dan kita lakukan pembinaan” katanya.
Meski beberapa anggota PPK diberhentikan, Eko menegaskan tidak akan mengganggu persiapan pemilu legialatif 2014. Untuk mengisi kekosongan personel, pergantian dilakukan dengan memasukkan cadangan dari hasil seleksi PPK sebelumnya.
“Dulu kan sudah ada rekrutmen, nah cadanganya yang naik” katanya.
Jumlah anggota PPK tiap kecamatan sebanyak 5 orang. Karena di Surabaya terdapat 31 kecamatan, maka jumlah PPK sebanyak 155 orang.
Informasi yang beredar, terdapat 7 PPK yang bermasalah dan diusulkan di ganti oleh petugas KPPS. Namun hingga kini, KPU kota Surabaya masih mengeluarkan SK pemecatan kepada 3 orang PPK, sementara yang lainnya menyusul.(k4/r7).