6 Orang Tersangka Kasus Suap Digelandang KPK, Diantaranya Kadis Pertanian Dan Peternakan Pemprov Jatim

Surabaya,(DOC) – Dua orang pejabat Pemprov Jatim yaitu Kepala Dinas Pertanian, Bambang Heryanto dan Kepala Dinas Pertanian Rohayati, turut digelandang Komisi Pemberantasan Korupsi(KPK), bersama Ketua Komisi B, Moch. Basuki dan beberapa staff DPRD Jatim, Selasa(6/6/2017).

Mereka diterbangkan ke Jakarta oleh KPK melalui Bandara Internasional Juanda, dengan pengawalan anggota Brimob serta petugas dari Subdit Tipikor Polda Jatim.

Total tersangka sejumlah 6 orang yang ditangkap oleh KPK atas dugaan kasus suap ini, tiba di gedung KPK sekitar pukul 12.56 Wib, Selasa(6/6/2017).

“Kalau melihat foto, memang ada Kepala Dinas Peternakan dan Dinas Pertanian,” kata Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Jawa Timur Benny Sampirwanto, Selasa (6/6/2017).

“KPK akan langsung memeriksa keenam orang yang terkena operasi tangkap tangan(OTT),”  ungkap Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata.

OTT yang digelar KPK, Senin(5/6/2017) kemarin, tim penyidik KPK menyegel ruang staf dan ruang Ketua Komisi B DPRD Provinsi Jawa Timur serta menggeledah rumah Ketua Komisi B dari Fraksi Gerindra M Basuki, di Jalan Putat Gede Baru III, Surabaya.

Sementara itu, tersangka lainnya yaitu Kepala Dinas Pertanian Jawa Timur Bambang Heriyanto, digelandang petugas KPK dari ruang kerjanya.

Saat penangkapan, wajah pejabat eselon II yang baru dilantik pada Desember dan baru bertugas pada bulan Januari 2017 lalu, terlihat sangat pucat.

“Bapak Kadis dan dua orang tadi lantas masuk mobil Avanza putih,” kata Staff Kepala Dinas Pertanian.(det/tri/r7)