38 Menteri Negara Asing Hadiri Forum Internasional 3R

Surabaya, (DOC) – Kota Surabaya kini tengah bersiap menyambut kedatangan para tamu spesial. Tak tanggung-tanggung, sejumlah menteri dari 38 negara dijadwalkan akan mengunjungi Kota Pahlawan pekan depan. Maksud kedatangan mereka yakni dalam rangka menghadiri forum internasional 3R (reduce, reuse, recycle) se-Asia Pasifik.
Kepala Bagian Kerjasama Pemkot Surabaya Ifron Hady Susanto mengatakan, forum 3R yang akan membahas masalah pengelolaan sampah merupakan even utama dari keseluruhan rangkaian kegiatan. Forum tersebut akan berlangsung mulai 25-27 Februari 2014 dan venue pertemuan digelar di Hotel Shangri-la. Di samping agenda utama, juga dihelat sejumlah kegiatan pendukung seperti Climate Change Air Coalition pada 23 Februari di Hotel Java Paragon, Gerakan Peduli Sampah pada 24 Februari di Taman Surya, Organization fot Economic Cooperation and Development (OECD) pada 27 Februari di Hotel Sheraton serta High Level Seminar on Environmental Sustainable Cities pada 28 Februari di tempat yang sama.
“Jadi ada lima agenda dan pertemuan yang berlangsung mulai 23 Februari hingga berakhirnya seluruh acara pada 1 Maret 2014,” papar Ifron saat jumpa pers di balai kota, Kamis (20/2).
Rangkaian forum internasional tersebut, lanjut dia, akan dihadiri lebih kurang 400 delegasi dari 38 negara di kawasan Asia Pasifik, ASEAN, dan Asia Selatan. Sedangkan Gerakan Indonesia Peduli Sampah bakal dihadiri 1.500 peserta dari dalam negeri. Pada kesempatan tersebut, rencananya juga akan ditandatangani deklarasi pengelolaan sampah oleh 22 kepala daerah se-Indonesia dan para pelaku usaha serta perwakilan lembaga swadaya masyarakat (LSM).
Terkait penyelenggaraan forum internasional 3R, Ifron menjelaskan, Surabaya ditunjuk sebagai tuan rumah karena dinilai memiliki kelebihan dalam hal penanganan masalah sampah. Sebagaimana diketahui, bahwa arah pembangunan di Surabaya memang berorientasi pada program ramah lingkungan. Berbagai pembenahan dan upaya yang dilakukan pemkot mulai membuahkan hasil nyata. Apalagi dengan dukungan dari masyarakat, menjadikan perkembangan Surabaya di bidang lingkungan kian pesat.
Selain terlibat dalam diskusi dan persidangan, para delegasi juga akan diajak meninjau beberapa lokasi. Di antaranya, kampung Jambangan, kampung Kertajaya, kampung Gundih, serta Pondok Nirwana Eksekutif. Dan bila memungkinkan, juga akan mengunjungi Super Depo Sutorejo. Tempat pengelolaan sampah itu merupakan proyek kerjasama antara Pemerintah Kota Surabaya dengan Kitakyushu, Jepang.
Alumnus Monash University, Melbourne, Australia tersebut menambahkan, selama berada di Surabaya, para delegasi akan disuguhi beragam atraksi hiburan menarik di beberapa lokasi. Dinas Pariwisata Surabaya sudah menyiapkan konsep pertunjukan dengan mengusung tema budaya lokal. “Aneka pertunjukan itu bisa menjadi ajang pelepas penat bagi para delegasi, khususnya setelah mengikuti agenda meeting yang sangat padat. Konsep ini pernah kita terapkan pada pertemuan APEC tahun lalu,” terang Ifron, sembari mengisyaratkan bahwa hal tersebut merupakan salah satu upaya Surabaya menjadi tuan rumah yang baik.
Juga Diisi Pameran dan Kompetisi
Rangkaian kegiatan forum 3R tidak hanya diisi dengan agenda pertemuan saja. Demi mengikis kesan formal, panitia juga menyelenggarakan beragam acara menarik yang dapat dinikmati seluruh masyarakat. Misalnya pameran bertajuk “Green Technology and Innovation Expo 2014” yang diselenggarakan oleh United Cities and Local Governments Asia Pasific (UCLG ASPAC).
Sebagai informasi, UCLG merupakan organisasi perserikatan pemerintah daerah se-dunia yang bermarkas di Barcelona. Kebetulan, untuk kawasan Asia Pasifik, basis UCLG berada di Jakarta. Sekjen UCLG ASPAC, Bernardia Irawati Tjandradewi menuturkan, pameran digelar secara terbuka di halaman parkir Hotel Shangri-la, sehingga masyarakat diharapkan dapat menyaksikan secara leluasa. “Siapa pun bisa menyaksikan pameran ini. Semua gratis, tidak dipungut biaya,” ujarnya.
Adapun materi yang ditampilkan meliputi beragam sarana edukasi seputar lingkungan. Untuk menambah kemeriahan acara, UCLG mengadakan lima kompetisi bertema 3R. Yakni, kompetisi poster, komik pendek, lomba foto, songs and chants, dan lomba boneka. (r4)