396 Daerah Rawan Bencana Alam

Tidak ada komentar 198 views

Gerbang salah satu desa di Pesisir Pacitan, Jawa Timur

Jogjakarta (DOC) – Sebanyak 396 daerah di Indonesia dinyatakan rawan bencana alam. Ratusan daerah tersebut merupakan wilayah yang paling berisiko tinggi terkena bencana menurut indeks risiko bencana Indonesia.

Saat membuka konferensi tingkat menteri Asia ke-5 tentang penanggulangan bencana di Yogyakarta, Selasa (23/10), Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan dari 494 daerah yang kami identifikasi masuk dalam daerah berisiko bencana alam baik rendah, menengah maupun tingi, 396 daerah berada di zona berisiko tinggi.

”Daerah-daerah tersebut sangat rentan berbagai jenis bencana alam,” katanya.

Untuk menanggulanginya, kata dia, perlua penguatan kapasitas lokal dalam penanggulangan bencana. Menurutnya, ada sejumlah cara untuk memperkuat kapasitas lokal, salah satunya memperkuat ketahanan lokal melalui pengembangan desa dengan membentuk Desa Siaga Bencana.

Presiden menjelaskan, Desa Siaga Bencana bertujuan menciptakan masyarakat berbasis penanggulangan risiko bencana di tingkat lokal. Desa-desa ini juga menjadi bagian dari jaringan yang lebih luas untuk pelaksanaan rencana dan strategi penanggulangan bencana di tingkat nasional. Selain Desa Siaga Bencana, pemerintah juga telah membentuk Desa Pesisir Tangguh di daerah pedalaman dan pesisir.(mio/ntr/r3)