42 Ribu Orang Siap Bersih-bersih Surabaya

Tidak ada komentar 153 views

Surabaya, (DOC) – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mengadakan kerja bakti besar-besaran pada Jumat (1/11/2013) pagi. Kegiatan tersebut terselenggara dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional, sekaligus Hari Pahlawan.
Koordinator aksi kerja bakti Eddy Christijanto menjelaskan, acara bersih-bersih semacam ini memang rutin dilaksanakan seluruh pegawai pemkot setiap Jumat pagi. Namun bedanya, skala kegiatan kali ini jauh lebih besar, baik dari segi area yang dibersihkan maupun personel.
Dijelaskan Eddy, lokasi kerja bakti terbagi dalam beberapa zona. Sebagian besar merupakan daerah aliran sungai. Diantaranya zona A mulai kali Jagir sampai Jembatan Petekan, zona B dari Wonokromo sampai Karangpilang, serta Zona C yakni mulai Jagir hingga Medokan Semampir.
Disamping itu, kerja bakti juga akan menyasar Kebun Binatang Surabaya (KBS), taman-taman kota dan pasar-pasar tradisional. “Khusus untuk pasar nanti akan dihandle oleh rekan-rekan dari PD. Pasar Surya,” terangnya.
Dari segi personel, kerja bakti kali ini bisa dibilang tidak main-main. Tak kurang dari 42 ribu orang bakal terlibat dalam aksi massal tersebut. Beberapa unsur yang sudah menyatakan kesiapannya datang dari elemen pemerintah, organisasi pemuda se-Surabaya, swasta, perbankan, akademis, LSM, serta TNI. “Ini gerakan bersama yang berlandaskan semangat Sumpah Pemuda, Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional, serta Hari Pahlawan. Semoga dapat memberikan manfaat bagi kota Surabaya,” ujar Camat Genteng ini.
Eddy berharap masyarakat dapat ambil bagian dalam kerja bakti massal ini. Dia menilai momen bersih-bersih kota sekarang ini sangat tepat dalam menyambut datangnya musim penghujan. Dengan demikian, kondisi kota bisa siap manakala hujan mulai mengguyur Kota Pahlawan.
“Intinya ini semua kan untuk kebaikan seluruh warga Surabaya. Kalau kotanya bersih tentu warga akan nyaman tinggal di sini,” pungkasnya. (r4)