463 SD Dapat Bantuan Komputer Edukatif

 Kesra

Surabaya, (DOC) – Pemerintah Kota Surabaya mendapat bantuan dari PT. IBM Indonesia berupa perangkat komputer edukatif Kidsmart. Serah terima dilakukan di Perpustakaan Umum Kota Surabaya, Kamis (6/12/2012).

Kidsmart merupakan perangkat lunak edukatif dengan konten-konten mata pelajaran seperti matematika, seni, multimedia, bahasa inggris, dan ilmu pengetahuan umum. Segmentasi utama dari program ini adalah para pelajar di tingkat sekolah dasar. Tampilannya dikemas sangat menarik dan interaktif sehingga mampu merangsang keinginan belajar siswa.

Sebanyak 6 set perangkat komputer, lengkap dengan software kidsmart didedikasikan pada Badan Arsip dan Perpustakaan Kota Surabaya untuk di tempatkan di perpustakaan dan taman baca. Sementara 463 sekolah dasar di Surabaya juga mendapat masing-masing 1 unit kidsmart.

“Mengenal teknologi informasi sedini mungkin menjadi sama pentingnya dengan kemampuan membaca, menulis dan matematika. IBM mendedikasikan keahlian dan sumber daya teknisnya untuk peningkatan daya belajar siswa, melalui kidsmart,” tutur Suryo Suwignjo, Presiden Direktur PT. IBM Indonesia.

II mengatakan tujuan kegiatan adalah agar anak-anak di Surabaya mendapatkan kesempatan maju, terutama di bidang teknologi informasi (TI) dan bahasa inggris. Selanjutnya, sebanyak 463 guru sekolah dasar juga akan mendapatkan pelatihan mengenai kemampuan dasar TI dan kidsmart. “Para guru akan dibekali melalui lokakarya Anti Cyber Bullying,” sambungnya.

Wali kota Surabaya Tri Rismaharini menyambut baik inisiatif dari PT. IBM Indonesia. Menurutnya, proses belajar-mengajar tak harus melulu berada di ruang kelas. Perlu banyak variasi agar pesan pelajaran dapat dipahami para siswa. Salah satunya, dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi. “Ini bagus bagi anak-anak agar mereka tidak cepat bosan,” ujar wali kota. (r4)