465 Karateka Ikuti Kejuaraan Karate Panglima TNI

Tidak ada komentar 87 views

Jakarta, (DOC) – Sebanyak 465 Karateka yang terdiri dari Prajurit dan PNS yang masih aktif di lingkungan Mabes TNI, TNI AD, TNI AL dan TNI AU mengikuti Kejuaraan Karate Piala Panglima TNI ke-2 Tahun 2013, yang akan berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 26 s.d. 28 Juni 2013 di Mabes TNI Cilangkap.
Kejuaraan Karate yang mengambil tema : “Dengan Kejuaraan Karate Piala Panglima TNI Ke-2 Tahun 2013 Kita Tingkatkan Persaudaraan Antar Karateka dan Menumbuhkan Semangat Karate Sejati Guna Mencapai Prestasi Yang Lebih Tinggi”, dibuka secara resmi oleh Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, S.E. selaku Ketua Dewan Pembina Komite Olahraga Militer Indonesia (KOMI), bertempat di GOR Ahmad Yani, Mabes TNI Cilangkap Jakarta, Rabu sore (26/6/2013).
Dalam sambutannya Panglima TNI mengatakan, olahraga bela diri karate merupakan salah satu cabang olahraga yang dapat diarahkan bagi kepentingan proses pendidikan jasmani secara sistematik, dengan tujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan individu secara organik, neuromuskuler, perseptual, kognitif, dan emosional, yang sejalan dengan sistem pendidikan jasmani TNI.
Lebih lanjut dikatakan, dalam konteks membangun komunikasi sosial, secara lebih luas pengembangan olahraga karate diharapkan dapat membawa motivasi dan menempa generasi muda yang tangguh, baik dari segi fisik maupun mental, menuju generasi muda yang berkepribadian, penuh semangat, kokoh mental dan spiritual, khususnya dalam membantu mengejar ketertingalan daerah, karena sejatinya semangat dan ketangguhan olahraga berhubungan langsung dengan semangat pembangunan. Sementara, dalam konteks kompetisi, prestasi tinggi merupakan tantangan bagi dunia olahraga karate nasional. guna mencapai prestasi tersebut.
Panglima TNI mengharapkan, setiap atlet harus berupaya menunjukkan kemampuan terbaiknya dalam usaha menjadi yang terbaik dengan sportivitas tinggi, sebagai nilai luhur prinsip kejujuran dan ksatria seorang bushido karate. “Jadikan kejuaraan ini sebagai wahana membina integrasi dan prestasi, untuk mewujudkan kesatuan dan persatuan, serta kesamaan persepsi, guna melahirkan atlet-atlet muda karate berprestasi, dalam rangka mendukung peningkatan prestasi olahraga nasional”, tegasnya.
Kejuaraan Karate Piala Panglima TNI Ke-2 Tahun 2013 akan mempertandingkan Kumite Perorangan Putra dan Putri, Kata Perorangan Putra dan Putri serta Kata Beregu Putra dan Putri. Untuk Putra mempertandingkan kelas -55 kg, -60 kg, -67 kg, -75 kg, -84 kg, +84 kg dan beregu, sedangkan Putri mempertandingkan kelas -50 kg, -55 kg, -61, -68 kg, +68 kg dan beregu. (puspen/r4)