5 Tips Siasati Stress Gagal Caleg

Tidak ada komentar 183 views

Surabaya,(DOC) – Tidak sedikit Calon Legeslative(Caleg) yang stress karena gagal memperoleh kursi di dewan. Bahkan sejumlah rumah sakit jiwa(RSJ) di seluruh Indonesia telah menyatakan siap menampung Caleg gagal.

Sebenarnya terdapat 3 hal penyebab stress atau depresi bagi Caleg yang gagal, yaitu karena si Caleg sudah mengeluarkan biaya yang tidak sedikit bahkan ada yang sampai miliaran rupiah, dimana mereka berani menggadaikan tanah dan harta keluarga untuk mendapatkan pinjaman agar bisa “nyaleg”. Tentunya dengan harapan yang sangat besar bahwa dirinya akan terpilih menjadi anggota legislatif. Kemudian yang kedua yaitu, Kekecewaan yang teramat dalam terhadap suatu kelompok masyarakat yang telah di beri bantuan namun tidak dipilih. Hal ini, jelas akan menimbulkan perilaku yang aneh karena merasa ditipu. Penyebab stress yang ke tiga yaitu soal harga diri. Sebelum Pemilu, seorang Caleg selalu berusaha memperkenalkan diri dan memampang fotonya di setiap jalan. Sehingga jika Ia tidak terpilih, si Caleg tersebut pasti merasa tersingkir kemudian stress berat.

Untuk mengatasinya, Pertama Lihatlah diri anda, ketika anda melihat kenyataan di daftar perolehan suara, yang terjadi suara anda kurang dari perkiraan, maka lihatlah diri anda, berdirilah didepan kaca dan berkacalah, diri anda masih lengkap. Kalau masih lengkap maka lanjutkan ke langkah kedua.
Kedua, tampar-lah pipi anda, cubit lengan anda, jika masih merasakan sakit, maka itu tandanya anda masih hidup dan menikmati dunia ini. Artinya, hasil suara yang sedikit itu bukan masalah, karena anda masih hidup, maka teruslah hidup.

Ketiga, lihatlah keluarga anda, orang paling setia adalah orang-orang yang ada di ring pertama hidup anda, yaitu keluarga anda, pasangan, anak, suami/istri, orang tua anda, anda tetap pilihan bagi mereka, saya percaya mereka selalu setia kepada anda, peluklah mereka, dan kembalilah hidup untuk mereka, ketika anda mau melihat orang-orang yang sayang kepada anda, orang-orang yang setia kepada anda, maka saatnya anda mau untuk memunculkan kembali gairah hidup anda, untuk mereka, untuk keluarga anda.

Keempat, maafkan diri anda, ketika kekalahan terjadi maka maafkan diri anda berdamailah diri anda, stop mencari kesalahan orang lain, stop menyalahkan diri sendiri, maafkan diri anda, karena diri anda sudah membantu anda, ketika anda mulai mau berdamai dengan diri maka hidup anda lebih damai sehingga anda siap melangkah untuk melanjutkan hidup pasca pemilu. Karena kalau anda memahami maka kekalahan itu terjadi atas kehendak diri anda, ada bagian dalam diri anda yang menolak untuk menang, sehingga anda mendapat sedikit suara, sekali lagi berdamailah dengan diri anda.

Kelima, berprasangka baiklah kepada Tuhan, kekalahan terjadi karena Tuhan sudah mengatur itu, dan tentu aturan Tuhan adalah yang terbaik, karena memang Tuhan itu Maha Baik, banyak ilmu baik yang sebenarnya mau Tuhan berikan kepada anda dengan kekalahan, ketika anda melakukan langkah pertama sampai keempat, dan diikuti kelima maka saya percaya anda pasti menemukan “ilmu-ilmu” luar biasa yang mau Tuhan berikan kepada anda.(r7)