D-ONENEWS.COM

6 Penambang Emas di Sulawesi Utara Tewas Tertimbun Longsor

Bolaang Mongondow (DOC) – Sebuah tambang emas di Desa Bakan, Kecamatan Lolayan, Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara didera bencana tanah longsor. Sedikitnya 6 penambang emas tertimbun dan dinyatakan tewas.

Tim SAR gabungan langsung melakukan proses evakuasi korban. Dari enam orang yang tertimbun, lima orang sudah berhasil dievakuasi dalam kondisi tewas Minggu (3/6/2018) pukul 19.00 Wita dan satu orang hingga kini masih dalam pencarian.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho menyebut, lima penambang emas yang sudah ditemukan dalam kondisi meninggal adalah Rian Mamonto (28), Wiro Ketangrejo (26), Adi Mokodompit (26), Dodo Mamonto (45), dan Dudi Lenda (45).

“Sedangkan satu orang masih dalam pencarian adalah Molan Mamonto (55),” kata Sutopo, Senin (4/6/2018).

Semua korban warga Desa Bakan. Saat kejadian, mereka sedang melakukan aktivitas penambangan ilegal di bawah guyuran hujan.

“Lokasi longsor merupakan perbukitan dengan kemiringan lereng yang cukup curam yang rawan longsor. Apalagi penambangan dilakuka secara tradisional sehingga mudah longsor saat hujan deras,” ujar Sutopo.

Pencarian terhadap Molan Maonto dilanjutkan hari ini. Pencarian melibatkan BPBD Kabupaten Bolaang Mongondow, Basarnas Kota Mobagu, TNI, Polri, hinggga relawan dan masyarakat.(dtc/ziz)

Loading...

baca juga