6 Pengrajin Bikin Tempe Sepanjang 500 Meter Untuk Kampanyekan Mengkomsumsi Tempe

Foto  : Enam pengrajin tempe sibuk bikin tempe terpanjang 500 meter

Surabaya,(DOC) – Para pengunjung bazaar makanan dan minuman vegetarian bertema Vegan Kingdom yang digelar di Exhibition Hall mal Grand City, Kamis(18/1/2018), dibuat kagum dengan makanan tempe hasil produksi sejumlah pengrajin tempe asal Surabaya.

Bukan sekedar tempe biasa, namun tempe ini tergolong unik karena memiliki panjang 500 meter dan menghabiskan 300 kilogram kedelai.

Cara pembuatan tempe terpanjang ini, tak terlihat sulit karena para pengrajin hanya memasukkan kedelai yang telah dicampur ragi ke dalam plastik 5 meter-an dan disambung-sambung sampai mencapai panjang 500 meter.

Salah satu pembuat tempe, Suyitno mengatakan, untuk mengubah 300 kedelai menjadi tempe, dibutuhkan ragi sekitar 200 kilogram. Sedangkan untuk pengerjaannya tiap lima meter tempe membutuhkan waktu sekitar 2 jam-an.

“Tiap 5 meter tempe dikerjakan sekitar 6 orang. Kesulitannya pada saat memasukkan bahan ke plastik yang membutuhkan ketelatenan,” paparnya.

Ia bersama rekan-rekannya mengerjakan tempe ini cukup lama, dan membutuhkan waktu berhari-hari. Setelah bahan masuk kedalam plastik, tempe belum bisa disajikan karena harus membutuhkan fregmentasi.

“Mengerjakan sekitar 100 meter bungkusan saja dimulainya sejak Rabu(17/1/2018). Kalau kedelai yang telah di ragi sudah masuk ke dalam plastik semua, kita masih nunggu 2 hari lagi untuk proses fregmentasi menjadi tempe,”

Tempe terpanjang ini di jual murah Rp.5000,- per 20 cm. Acara yang diprakarsai oleh sebuah perusahaan eskrim ini bertujuan untuk mengkampanyekan khasiat mengkomsumsi tempe yang banyak manfaatnya karena mengandung protein dan vitamin B 12 yang lebih tinggi ketimbang daging.

“Sangat bermanfaat, karena selain enak, kandungannya sangat tinggi. Bahkan mengkomsumi tempe tidak kuatir akan kandungan radikal bebas pemicu kanker,” kata Stephanie Rini salah satu pembeli.(hd/r7)