64 Ribu Pemilih Jatim Dibuang dari DPT

Tidak ada komentar 178 views

Surabaya, (DOC) – Sebanyak 64.695 pemilih invalid, telah dihapus KPU Jatim dari DPT. Hal ini dilakukan setelah adanya perbaikan data.
Hasil rekapitulasi KPU kabupaten/kota se-Jatim menghasilkan DPT dengan jumlah pemilih sebanyak 30.447.000, sebelumnya jumlah DPT di Jatim itu mencapai 30.511.695. Setelah dilakukan pencocokan, maka terjadi pengurangan DPT dengan jumlah 64.695 orang.
Menurut Komisioner bidang Data dan Pencalonan, KPU Jatim Agus Mahfudz Fauzi, turunnya jumlah DPT itu setelah KPU Jatim memperbaiki data pemilih yang tidak ada dalam Nomor Induk Kependudukan (NIK).
”Jadi setelah kita melakukan verifikasi terhadap pemilih yang tidak masuk dalam NIK, maka yang tidak sah, langsung disortir dan dikeluarkan dari DPT,” terang Mahfudz.
Selain tak ada NIK, data yang dicoret itu juga termasuk data warga yang sudah meninggal dunia atau pindah domisili ke wilayah lain di luar Jatim. Data yang sudah diseleksi itu lalu dilaporkan ke KPU pusat.
“Data ini masih bisa berubah karena masih ada perbaikan yang dilakukan kabupaten/kota di Jatim. Dengan kalkulasi data yang sudah matang, maka sudah bisa dihitung jumlah TPS di Jatim menjadi 86.385 titik. Jumlah pemilih laki-laki mencapai 14.980.156 orang dan pemilih perempuan sebanyak 15.466.852 orang,” ungkap Mahfudz. (co/r4)

Tag: