7 Kali Mencuri Motor, Baru Tertangkap Karena Terekam Kamera CCTV

foto : Kapolsek Rungkut Kompol Esti Setiautami

Surabaya,(DOC) – Keberadaan kamera CCTV memang cukup membantu meminimalisir tindak kriminalitas di kota Surabaya. Seorang warga Madura Umar Faruq(32) tertangkap kamera CCTV saat akan mencuri motor di salah satu rumah kos kawasan Rungkut Surabaya.

Modus pencurian motor(Ranmor) yang terekam oleh kamera CCTV tersebut, yaitu dengan cara merusak kunci kontak motor menggunakan sebuah alat. Spesialis pencuri motor hingga 7 kali ini, melakukan aksinya dengan tidak sendirian, dibantu dengan seorang rekannya yang bertugas mengintai keadaan sekitar.

Kompol Esti Setiautami, Kapolsek Rungkut Surabaya menyatakan, usai melakukan pencurian, kedua tersangka sempat kabur kearah timur. Kemudian petugas meringkusnya setelah memantau dari kamera CCTV.

“Baru kali ini tersangka Ranmor dapat diringkus dari pengamatan rekaman CCTV yang terpasang di lokasi,” kata Esti, Senin(25/9/2017).

Dari keterangan pelaku, aksi pencurian motor kali ini adalah tindakannya yang ke tujuh kali dilokasi yang berbeda dengan sasaran rumah kos mahasiswa.

“Sudah 7 kali mencuri motor dilokasi yang berbeda. Kita amankan sebuah motor dan kunci T alat yang digunakan untuk merusak kunci kontak motor,” imbuhnya.

Kedua tersangka terjerat pasal 363 tentang pencurian dan pemberatan dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara. Kompol Esti menambahkan, pihak kepolisian kini masih akan mengembangkan komplotan Ranmor di wilayahnya.

Saat ditanya petugas, salah satu pelaku mengaku nekat mencuri karena harus menghidupi keluarganya.

“Saya mencuri untuk mencukupi kebutuhan keluarga saya. Saya punya 2 anak berada di Madura,” kata Faruq salah satu pelaku Ranmor.(hd/r7)