D-ONENEWS.COM

7 Pesawat Angkut Rombongan Raja Salman Berkunjung ke Indonesia

Jakarta,(DOC) – Kurang lebih 1500 orang akan mengikuti kunjungan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al-Saud ke Indonesia pada 1 Maret 2017 mendatang.
Rombongan staff Raja Salman yang terdiri dari 10 Menteri dan 25 Pangeran, akan diangkut tujuh unit pesawat.
“Rombongan Raja Arab Saudi akan mendarat di Bandara Halim Perdanakusuma,” ujar Corporate Communication Departement Head Angkasa Pura I, Ida Bagus Ketut Juliadnyana.
Tujuh pesawat berkarakter wide body itu terdiri dari dua unit Boeing 777/2, 1 unit Boeing 747/1xp, 1 unit Boeing 7474/3, 1 unit Boeing 747/4, 1 unit Boeing 757 dan 1 unit pesawat Hercules.
Ketujuh pesawat akan diparkir selama 4 hari di Bandar Udara Halim Perdanakusuma, hingga tanggal 4 Maret 2017. Kemudian Raja Salman melanjutkan kunjungannya ke Bali untuk berlibur hingga tanggal 9 Maret 2017.
Pesawat Raja Salman akan mendarat di Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai dan bandara terdekat lainnya.
“Meski demikian, tidak seluruh pesawat akan diinapkan di Bandara Ngurah Rai sampai tanggal 9 Maret. Ada beberapa pesawat yang akan diinapkan di bandara-bandara terdekat,” ujar Ida Bagus.
Ia memastikan seluruh bandara di Indonesia akan siap menerima dan melayani kedatangan Raja Salman beserta rombongannya.
“Intinya kami siap menangani kedatangan rombongan Raja Arab Saudi dengan tujuh unit pesawat wide body dan dipastikan tidak akan mengganggu jadwal penerbangan umum (schedule flight) lain,” ujar dia.
Sementara itu, Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan Tujuan kunjungan Raja Salman ke Indonesia yaitu diantaranya akan membahas penambahan kuota jemaah haji, peningkatan wisatawan Timur Tengah ke Indonesia hingga perlindungan warga negara Indonesia yang bermukim di Arab.
“Kunjungan Raja Salman ke Indonesia adalah urusan kenegaraan untuk membahas topic penting,” ungkapnya.
Terpisah, Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Rikwanto, menjelaskan, Polri siap membantu pengamanan perjalanan Raja Salman selama berkunjung ke Indonesia.
Namun berapa jumlah personel yang dikerahkan sekaligus bentuk pengamanannya, Polri masih akan berkoordinasi dengan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).
“Itu baru mau dibahas. Nanti itu kan dikumpulkan di Setneg (Sekretariat Negara) dulu untuk bagaimana rencana pengamanannya. Dan biasanya kami (Polri) bagian Ring 3,” kata Rikwanto.
Menurut Rikwanto, personel Polri akan berada di Ring 3 untuk pengamanan para tamu negara. Sementara, Ring 1 dan Ring 2 tamu negara akan menjadi bagian pengamanan Paspampres.
“Biasanya untuk pengamanan rangkaian iring-iringan tamu negara, voorijder kami mengawal di depan dan belakang, lalu di tempat tinggalnya juga tapi di Ring 3-nya,” pungkasnya.(wat/L6/rob7)
 

Loading...