70 Siswa Pramuka Keracunan Nasi Kotak di Buperta Cibubur

Jakarta,(DOC) – Kurang lebih 70 siswa Pramuka asal Sekolahan 184 Kali Sari yang tengah berkemah di Bumi Perkemahan Pramuka dan Graha Wisata (Buperta) Cibubur, mengalami keracunan usai makan nasi kotak yang dipesan dari salah satu chatering kawasan Pasar Rebo.
Kejadian tersebut, berlangsung sekitar pukul 11.20 WIB, Minggu(24/9/2017). Saat itu 70 siswa mengalami pingsan secara bersamaan setelah makan nasi kotak yang berisi nasi sambal, kripik balado, telor dan tahu.


Sebelum pingsan, para siswa pramuka itu mengalami mual-mual dan muntah – muntah.
Kapolsek Cipayung bersama personil kepolisian dibantu tim medis Pemprov DKI langsung melakukan evakuasi para siswa yang keracunan. Sebagian siswa di larikan ke RS Polri Kramat Jati dan sebagian lagi di periksa di lokasi.
“Para siswa ini pingsan setelah makan nasi kotak yang dipesan pagi,” ungkap Agatha salah satu kakak Pembina Pramuka, kepada petugas kepolisian setempat, Minggu(24/9/2017).


Sementara siswi lainnya, menerangkan, salah satu menu lauk nasi kotak yang diduga basi hingga menyebabkan puluhan siswa pingsan.
“Rasa lauk tahu yang berbeda dan siswa yang terlanjur memakannya yang keracunan. Sedang lain tidak,” kata Jashua siswi Pramuka lainnya.

Jumlah siswa pramuka yang menggelar kemah di Buperta Cibubur sebanyak 300 siswa.(ut/wat)