D-ONENEWS.COM

9 Ribu Napi Terancam Tak Bisa Nyoblos Pilgub Jatim

foto : deklarasi damai Pilgub Jatim

Surabaya,(DOC) – Kurang lebih 9 ribu penghuni Lapas terancam tak bisa turut mencoblos dalam pemilihan gubernur (Pilgub) Jatim.

Data ini disampaikan oleh M. Choirul Anam Komisioner Komnas HAM, usai mendeklarasikan Pilkada Damai Yang Ramah HAM antara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim dan Komisi Nasional Hak Azasi Manusia (Komnas HAM), di kantor KPU, Kamis(19/4/2018).

Temuan itu, lanjut Choirul Anam, diperoleh setelah pihaknya berkunjung ke sejumlah Lapas di Jatim. Ribuan narapidana(Napi) itu, tak memiliki KTP elektronik atau surat keterangan lainnya sebagai syarat untuk mengambil hak suaranya.

Mereka hanya terdata nama dan alamat nya saja tanpa diketahui Nomer Induk Kependudukan (NIK) dan Kartu Tanda Penduduk(KTP).

“9000 orang itu punya potensi susah menggunakan hak pilih karena aturan yang belum menjangkau persoalan mereka” ungkap Choirul Anam.

Komnas HAM mendesak kepada pemerintah supaya nanti bisa membuat regulasi terkait persoalan itu. Sehingga kelompok rentan tersebut bisa menggunakan hak pilihnya.

Selain persoalan itu, Komnas HAM juga menyoroti  hak-hak para penyandang disabilitas.

“Kami menemukan kekurangan template khusus untuk penyandang tuna netra di beberapa daerah meski itu tidak banyak” lanjut Choirul Anam.

Pemurnian suara juga menjadi perhatian Komnas HAM. Ditambah lagi kampanye yang mengandung unsur kebencian.

“Ini jadi tanggung jawab kita bersama agar pilkada jatim jadi contoh tempat lain. Dulu sudah bagus sekarang ditambahi bermartabat” tegasnya.

Sementara itu M. Arbayanto Komisioner KPU Jatim mengatakan, solusi yang disiapkan KPU Jatim untuk persoalan ini, dengan menyiapkan TPS khusus dan kebijakan pindah pilih.

Sedangkan soal disabilitas, Arbayanto mengatakan kalau persoalan itu jadi prioritas untuk ditangani.

“Kalau terbukti ada kesalahan pelayanan bisa dipersoalkan secara etika penyelenggara. Misalnya dengan adanya trans letter” ujarnya

Arbayanto menambahkan PPK dan PPS harus mengawasi pendirian TPS yg ramah bagi disabilitas.

“Soal template bagi tuna netra dipastikan spesifikasi pembuatannya, agar tidak menjadi kendala bagi penyandang tuna netra” pungkasnya.(r7)

Loading...