Ada Satu Nutrisi Penting Dalam Garam, Yaitu Yodium (Ini Harus Ada)

 Kesra, Life Style

Jakarta, (DOC) – Tahukah Anda bahwa garam mengandung nutrisi yang diperlukan tubuh? Nama nutrisi tersebut adalah yodium. Ya, yodium merupakan zat gizi yang harus ada dalam garam. Zat ini harus ditambahkan ke dalam garam pada saat pemrosesan.

Kebijakan penambahan yodium ini pun telah diatur oleh pemerintah. Garam yang tidak mengandung yodium tidak layak untuk dijual kepada masyarakat, tidak sesuai dengan aturan. Mengapa harus ditambahkan yodium pada garam?

Tidak sembarangan, penambahkan zat ini sangat penting dilakukan karena yodium dibutuhkan tubuh. Penambahan yodium dalam garam terbukti dapat menekan penyakit gondok di masyarakat.

Perlu Anda ketahui, yodium merupakan mineral yang dibutuhkan untuk memproduksi hormon tiroid dalam tubuh. Hormon tiroid ini berperan dalam pertumbuhan, untuk mengontrol metabolisme tubuh, dan juga untuk perkembangan otak bayi selama dalam kandungan. Kekurangan mineral ini dapat membuat kerja kelenjar tiroid menjadi lebih berat. Sehingga, kelenjar tiroid membengkak, seperti pada penyakit gondok.

Anda bisa mengecek kandungan yodium dalam garam secara sederhana dengan yodina test kit atau tes kit yodium. Alat ini mudah ditemukan di pasaran dan juga mudah untuk digunakan. Anda cukup meneteskan larutan yodina test kit 1-2 tetes langsung ke dalam garam.

Setelah itu, Anda bisa melihat, jika warna garam berubah menjadi keunguan, artinya garam mengandung yodium. Dan jika warnanya tidak berubah menjadi ungu, artinya garam tidak mengandung yodium. Jika hal ini terjadi, Anda mungkin harus mengganti garam yang Anda gunakan. (and)