AFP Jatim dan YKP Surabaya Gelar Liga Futsal Antar SD

Tidak ada komentar 129 views

foto : Ketua Yayasan Kasih Pengharapan,(kiri) memberikan kaos futsal ke Exco AFP Jatim

Surabaya,(DOC) – Guna mencari bibit pemain futsal sejak dini, Asossiasi Futsal Provinsi (AFP) PSSI Jawa Timur kini mengadakan Liga Futsal Sekolah Dasar (SD) Jawa Timur 2018 yang diselenggarakan Yayasan Kasih Pengharapan (YKP) Surabaya, yang secara resmi dibuka hari ini, Sabtu(7/4/2018), di Arena Futsal Gool Mangga Dua Surabaya.

Yulia  Ketua Yayasan Kasih Pengharapan mengatakan sudah lama pihaknya  kerjasama dengan AFP Jatim dalam menyelenggarakan Liga Futsal Antar SD tersebut semata-mata bertujuan untuk membina anak-anak sejak dini dijalur prestasi olahraga,

“ Hal itu yang menjadi tujuan Yayasan dalam membentuk karakter bangsa anak-anak usia dini melalui jalur olahraga Futsal, sebab kami sudah lama membina anak-anak SD guna meraih prestasi diajalur apapun, baik olahraga, kesenian maupun pendidikan, “ujarnya.

Ia menambahkan piahknya tidak hanya membuat kompetisi Futsal saja, namun untuk menjadikan anak-anak bakatnya dibidang futsal terus berkembang, maka kami  juga mendirikan klub futsal yang nanti diarahkan oleh mantan pemain nasional, Widodo Cahyono Putro dan Venard Hutabarat.

Liga Futsal antar SD tersebut diikuti  16 tim yang dimulai, 7-22 April 2018. “Babak penyisihan kami bagi empat grup, masing-masing grup diisi empat tim menggunakan sistem pertandingan setengah kompetisi,” kata Lodi, Ketua Panitia.

Menurut Berry, juara dan runner up grup akan lolos ke perempat final. Mulai perempat final hingga final menggunakan sistem gugur. “Antusias peserta cukup tinggi. Mudah-mudahan dari event ini bisa melahirkan pemain bagus yang kelak bisa membela Jatim,” paparnya.

Kendati cabang olahraga futsal relatif baru, namun saat ini penggemarnya cukup banyak. Mereka yang menggemari futsal sudah merambah mulai dari usia SD hingga dewasa.

Apalagi, saat ini banyak bermunculan sekolah-sekolah futsal yang diperuntukan bagi pemain usia dini. Tidak hanya itu, sekolah pun juga banyak yang memasukan futsal sebagai mata pelajaran ekstra kurikuler.(r7)