AK5 Geser Posisi Priyo Budi di Kursi DPR RI

Tidak ada komentar 131 views

Surabaya,(DOC) – Hasil rekapitulasi suara di KPU provinsi Jawa Timur memang masih berlangsung, namun dari total perolehan suara sementara, Calon Legeslative(Caleg) incumbent daerah pemilihan(Dapil) Surabaya-Sidoarjo, dipastikan banyak yang tidak terpilih lagi.
Salah satu diantaranya adalah Priyo Budi Santoso(PBS) Wakil Ketua DPR-RI dari Fraksi Golkar.
Perolehan suara Caleg Incumbent untuk DPR RI, Dapil 1 tersebut, merosot jauh di urutan ke 2, dibawah Adies Kadir (AK5)ketua DPD Golkar Surabaya, yang mencalonkan diri sebagai Caleg DPR RI di Dapil yang sama.

Berdasarkan rekapitulasi suara sementara, Anggota DPRD kota Surabaya ini, berhasil meraih suara 30.090 atau tertinggi diantara Caleg DPR RI dari Partai Golkar. Sehingga Adis Kadir berhak menduduki kursi dewan di Senayan. Sedangkan caleg incumbent Priyo Budi Santoso (PBS) hanya meraih 24.376 suara.
Saat dikonfirmasi, Adies Kadir anggota komisi A DPRD Surabaya ini, belum berani mengomentari banyak soal perolehan suaranya yang tertinggi dan berhak mendapatkan kursi di DPR RI. “Saya tidak ingin menanggapinya dulu, karena rekapitulasi suara masih belum final. Nanti saja kalau KPU sudah mengumumkan pemenangnya,”jelas AK5, saat dihubungi, Jumat,(25/4/2014).
Sementara itu, rekapitulasi suara di KPU Jatim yang hampir final ini, juga mendudukan caleg “newcomer” di kursi DPR RI. Hal ini bisa diprediksi dari hasil peroleh suara partai politik peserta pemilu legeslatif 2014 untuk daerah pemilihan Jatim 1. Caleg incumbent yang masih bertahan hanya caleg dari PDIP sebagi Parpol pemenang Pemilu.
Tiga kursi DPR RI yang diraih PDIP akan ditempati oleh Guruh Soekarno Putera dengan peroleh suara 84.753, Indah Kurnia mendapat 68.497 suara dan Henky Kurniadi memperoleh 43.434 suara.
Dalam pemilu periode 2014-2019, Partai Kebangkitan Bangsa( PKB) memperoleh 2 kursi DPR RI yang akan diisi oleh Syaikhul Islam dengan 91.211 suara dan Imam Nahrawi dengan 80.283 suara. Untuk Partai Gerindra yang diperkirakan memperoleh 1 kursi di DPR RI akan di tempati oleh Bambang Haryo Sukartono dengan 33.896 suara. Kemudian 1 kursi untuk partai Demokrat akan di duduki oleh Fandi Utomo dengan 26.335 suara dan Sungkono, dengan 56.922 suara akan masuk dalam daftar Caleg DPR RI terpilih mewakil Partai Amanat Nasional(PAN).(sp/r7)