Akhirnya Bayi Hanif Ditangani

Tidak ada komentar 107 views

Surabaya, (DOC) – Bayi Muhammad Hanif yang berusia 5 hari dengan kelainan di kepalanya, Kamis (2/5/2013) petang sudah ditangani. Hanif yang di kepala bagian belakang kanannya mengalami benjolak seperti tumor, dibawa ke RSU dr Soetomo.

Dengan upaya yang dilakukan pihak DPRD Surabaya, derita atau beban Suwondo (21) dan Sunarsih (21) yang nge-kos di Jl Jangkungan I C nomo 31, Kelurahan Nginden Jangkungan, Kecamatan Sukolilo itu menjadi ringan. Namun orang tua Hanif ini sayangnya tak memiliki KTP Surabaya. Sementara pihak dewan tetap mengusahakan agar Hanif lebih dulu ditangani.

Di lokasi, saat itu ditemui Ketua Kesehatan Indonesia Raya (Kesira) Partai Gerindra Surabaya Yayuk Puji Rahayu dan utusan Ketua Komisi D Baktiono dari PDI Perjuangan. Keduanya terlihat sibuk mengurusi bayi Hanif agar lebih dulu ditangani.

Menurut Yayuk Puji Rahayu, walau kedua orang tua Hanif tak memiliki KTP Surabaya namun ber-KK Jombang dan Solo, tetap saja masyarakat harus mendapat pelayanan kesehatan lebih dulu. “Di undang-undang seperti itu, semua warga berhak mendapat pelayanan kesehatan di manapun. Jadi kita dahulukan masalah pelayanan kesehatannya dulu,” ungkap Yayuk.

Sementara terkait Sunarsih yang melahirkan melalui operasi caesar di Rumah Sakit Bersalin Siti Aminah (Aisyah) Semolowaru dan diketahui pihak rumah sakit itu jika bayi Hanif ada kelainan di kepala lalu disuruh pulang, justru disesalkan Yayuk. Menurut dia, seharusnya pihak rumah sakit tak memerkenankan bayi Hanif dibawa pulang, tapi langsung dirujuk ke rumah sakit yang lebih besar dan bisa menangani masalah tersebut.

“Kita juga heran, kenapa bayi Hanif bisa dipulangkan, seharusnya dirujuk. Kondisi ini kan darurat, jadi harus penanganannya lebih dulu, jangan disuruh pulang,” sesal Yayuk. (r4)