AKI dan AKB Mengalami Penurunan Di Tahun 2017

Tidak ada komentar 58 views

ilustrasi

Lumajang,(DOC) – Pelayanan kesehatan terus meningkat di Kabupaten Lumajang. Beberapa indikatornya antara lain angka kematian ibu melahirkan dan bayi yang terus menurun di tahun 2017.

“Pelayanan kesehatan harus terus ditingkatkan karena merupakan pelayanan dasar. Pemerintah wajib memberikan pelayanan kesehatan yang baik bagi warganya,” kata Bupati Lumajang Drs. As’at, M.Ag.

Di jelaskan dia,  angka kematian ibu (AKI )di Kabupaten Lumajang ditahun 2015 berjumlah 23 orang. Pada tahun 2016 turun menjadi 18 orang, dan tahun 2017 mengalami penurunan signifikan menjadi 7 orang.

Sedangkan AKB di tahun 2015 sejumlah 191 bayi. Pada tahun 2016 turun menjadi 171 bayi.Dan padatahun 2017 mengalami penurunan menjadi 103 orang.

“Saya mengaperesiasi atas keberhasilan jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang, yang berhasil dalam menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB),” ungkapnya.

Bupati menghimbau kepada masyarakat untuk lebih peduli terhadap kesehatan diri, keluarga dan lingkungannya. Puskesmas dan tenaga kerja harus mengambil peran mencerdaskan masyarakat untuk hidup sehat dengan secara aktif dan terus menerus melakukan promosi perilaku hidup bersih melalui pendekatan keluarga.

“Untuk itu kami berpesan kepada seluruh insane kesehatan Kabupaten Lumajang, agar memberikan keteladanan, meningkatkan profesionalisme, bekerja lebih ikhlas dan tekun, lebih berempati dan memperhatikan kebutuhan masyarakat, untuk lebih memberikan kepuasan kepada masyarakat,” Imbuh Bupati.(mam/r7)