Aksi Suporter Bonek, Macet Tapi Tertib

Tidak ada komentar 434 views

Surabaya,(DOC) – Ribuan suporter persebaya yang terkenal dengan sebutan bondo nekat (Bonek) melakukan aksi longmarch di jalur-jalur protokol Surabaya, Selasa(18/06/2013).
Hal ini diluar dari biasanya, karena tidak ada pertandingan, mereka berbagai elemen Suporter Bonek Surabaya turun ke jalan untuk melakukan aksi damai. Meski begitu, tetap saja, aksi pendukung kesebelasan Bajul Ijo ini, praktis memacetkan lalu lintas jalan, yang sudah mulai padat, karena bersamaan dengan jam pulang kerja.
Bukan hanya longmarch, Berbagai kreatifitas dari masing-masing elemen suporter bonek juga dipertontonkan ke para pengguna jalan. Bahkan salah satu kreasi para suporter Bonek Giras, yang menampilkan replika tank berwarna hijau berukuran 2 meter, sempat menarik perhatian masyarakat.
Ya, mereka bukan tengah protes, tetapi aksi suporter Bonek ini dilakukan, dalam rangka peringatan ulang tahunnya yang ke – 86.
Aksi jalan kaki yang mereka lakukan, terlihat cukup tertib dan memberi kesempatan bagi kendaraan lainnya untuk tetap melaju, karena aksi mereka hanya menggunakan separuh badan jalan saja. Dari pantaun, ribuan suporter Bonek yang bukan hanya datang dari dalam kota Surabaya ini, berkumpul dan mengambil start di monument Gubenur Suryo, depan gedung Negara Grahadi, dengan rute memutar monumen Bambu runcing.
Usai longmarch, para bonek ini mendapat suguhan panggung hiburan yang telah di sediakan untuk pesta ulang tahun tim persebaya 1927, dikantor sekertariatan Bonek yaitu jalan Simpangdukuh Surabaya.
Saat dikonfirmasi, Saleh Ismail Mukadar, CEO Persebaya 1927, Peringatan Ultah ke 86 kali ini dalam kondisi keprihatinan dimana Persebaya yang lahir 1927 ini masih dalam kondisi yg belum aman benar dari sisi finansial maupun pengakuan dari federasi.
”Untuk persoalan finansial menurut saya yg bisa menolong Persebaya ya penonton/suporter dan tentu saja mereka yg peduli di Surabaya. Sementara persoalan legalitas itu menjadi kewajiban manajemen untuk berjuang,”ungkapnya.(SK/R7)