Alasan Pria Lelah Usai Berhubungan

Tidak ada komentar 278 views

Surabaya,(DOC) – Biasanya wanita lebih suka berpelukan setelah berhubungan seks, namun pria lebih suka untuk langsung jatuh tertidur. Kebanyakan wanita pun merasa kesal ketika melihat pasangannya langsung tertidur. Namun ternyata ada penjelasan ilmiah di balik fenomena ini.

Seperti dilansir dari healthmeup.com, ketika berhubungan seksual pria mengeluarkan hormon dan bahan kimia tertentu. Kedua hal inilah yang akhirnya membuat sistem tubuh pria bekerja dengan lebih keras dan akhirnya membuat mereka mudah tidur setelah berhubungan seks.

Berikut adalah jenis bahan kimia dan hormon yang dilepaskan pria ketika ejakulasi seperti dilansir dari healthmeup.com.

Prolaktin
Ketika mengalami hubungan seksual yang benar-benar memuaskan, maka pria akan menghasilkan hormon prolaktin. Hormon ini kemudian dapat memicu timbulnya hormon lain yaitu dopamin yang menghasilkan suasana hati yang santai dan membuat mereka mengantuk.

Oksitosin
Hormon yang disebut dengan hormon cinta ini juga dapat membantu tubuh merasa rileks. Itulah sebabnya pria pun merasa mengantuk setelah mengeluarkan hormon ini di dalam tubuhnya.

Vasopresin
Hormon ini memainkan peranan penting di dalam tubuh terutama berkaitan dengan memperbaiki suasana hati dan membuat tubuh merasa rileks.

Neurotransmitter
Beberapa jenis neurotransmitter seperti serotonin, norepinefrin dan nitric oxide mampu membuat tubuh menjadi lebih rileks. Akibatnya tubuh pun jadi lebih mudah untuk mengantuk.(mc/r7)