Ambisi Indonesia Kandas Oleh China 0-1

Tidak ada komentar 139 views

Xi-an,(DOC) – Indonesia ditekuk tuan rumah China dengan skor tipis 0-1. Dengan hasil tersebut membuat skuad Garuda menelan tiga kali kekalahan dari empat laga di kualifikasi Piala Asia 2015.

Pada laga di Shaanxi Province Jiaodaruisen Stadium, Jumat (15/11/2013) malam, gol semata wayang China dicetak oleh Wu Lei di babak pertama.

Pada laga tersebut Indonesia langsung menekan di awal pertandingan. Peluang pertama dilakukan oleh Indonesia lewat sebuah crossing ke depan gawang namun masih dapat diamankan kiper Zeng Cheng.

Namun, China mampu balik menekan pertahanan Indonesia. Sementara I Made Irawan mampu mengamankan gawangnya di menit ke-4 dengan maju ke depan mengambil bola dengan bersih dari pemain China, Gao Lin.

China kembali mengancam lewat tusukan Sun Ke, namun kiper I Made Irawan kembali mampu mengamankan bola di menit ke-11. Sementara tendangan langsung Bustomi masih melenceng dari target.

Sementara I Made Irawan dua kali melakukan penyelamatan dari ancaman Yu Dabao. China masih mendominasi pertandingan dan beberapa kali serangan ke gawang Indonesia masih belum membuahkan hasil

Menit ke-29, Made Irawan kembali melakukan penyelamatan gemilang menggagalkan sundulan Gao Lin. Serangan terus dilakukan oleh China namun belum membuahkan hasil.

Akhirnya gawang Indonesia jebol juga di saat pertandingan sudah memasuki injury time. Gol tersebut berawal dari sebuah crossing sebelum disambut dengan sundulan Wu Lei guna menaklukkan Made Irawan.

Skor 1-0 bagi China bertahan hingga turun minum. Di baka kedua China kembali melajutkan tekanannya. Made Irawan sudah harus bekerja keras mengamankan bola.

Pada menit ke-58, Bustomi digantikan Zulham Zamrun. Indonesia mulai melakukan tekanan dan sebuah sepak pojok yang dilakukan oleh Boas disundul namun bola masih dapat ditangkap dengan baik oleh Zeng Cheng.

Sementara China masih memberikan ancaman. Sebuah tendangan bebas berbahaya Gao Lin masih menyamping di menit ke-68. Usaha Titus Bonai masih belum membuahkan hasil tendangannya masih melenceng.

Begitu juga peluang Boas di menit ke-76 masih belum tepat sasaran. Sementara China punya peluang emas lewat sebuha sundulan Liu Jian di menit ke-89 namun bola masih membentur tiang gawang.

Pertandingan pun berakhir dengan skor 1-0 bagi kemenangan China. Kekalahan tersebut membuat Indonesia berada di posisi juru kunci Grup C dengan satu poin dan peluang untuk lolos sangatlah tipis.

Satu tiket yang bisa dilalui oleh Indonesia adalah posisi tiga terbaik karena finish di posisi kedua sudah tak memungkinkan. Namun jalan ini juga berat karena laga selanjutnya harus menghadapi Irak dan Arab Saudi.(co/r7)

Skuad:

China : Zeng Cheng, Rong Hao, Zhang Linpeng, Zheng Zhi (Zhang Zhinhe 66), Liu Jianye, Zhao Xuri, Sun Ke, Wu Lei, Huang Bowen, Gao Lin, Yu Dabao

Indonesia : I Made Wirawan, Victor Igbonefo, Raphael Maitimo, Achmad Jufriyanto (Samsul Arif 78), Muhamad Roby, Ahmad Bustomi (Zulham Zamrun 58), Titus Bonai, Ruben Sanadi, Hasim, Taufiq, Boaz Solossa