Android Kitkat 4.4 Diluncurkan Google

Tidak ada komentar 70 views

Surabaya, (DOC) – Bersamaan dengan peluncuran Nexus 5, Google turut secara resmi memperkenalkan sistem operasi Android KitKat 4.4. Menariknya, sistem operasi terbaru dari Google ini dihadirkan dengan spesifikasi minimum yang memungkinkan smartphone kelas low end bisa menjalankannya.
Google mengungkapkan bahwa sistem operasi Android KitKat 4.4 ditujukan untuk segala jenis smartphone yang ada di pasaran. Termasuk di antaranya adalah smartphone low end yang dipatok dengan harga murah dan spesifikasi tak terlalu tinggi.
Untuk menjalankan OS ini, sebuah smartphone pun hanya membutuhkan RAM minimum sebesar 512MB. Dengan begitu, OS Android KitKat ini bisa disematkan pada berbagai jenis perangkat wearable yang saat ini banyak dikembangkan.
Peningkatan lainnya adalah tingkat efisiensi power yang lebih baik. Hal ini karena OS Android KitKat ini didesain dengan pemangkasan konsumsi power pada bagian sensor dengan melakukan pengelompokan serta memprioritaskan request. Google juga mengatakan bahwa voice search pada OS Android ini juga lebih akurat 25 persen dan akan meminta klarifikasi kepada penggunanya.
Sistem operasi ini juga hadir dengan lock screen baru yang dilengkapi shortcut kamera dan kemampuan untuk mengatur homescreen. Sistem juga kini dilengkapi skema warna baru putih atau abu-abu dan font baru. Keyboard stock juga dilengkapi dukungan emoji dan terdapat aplikasi Hangout yang kini terintegrasi dengan SMS serta MMS.
Google Now pada Android KitKat pun bisa dijalankan kapanpun dari homescreen. Aplikasi voice asisstant ini juga dilengkapi kemampuan untuk membeli tiket bioskop via Fandango. Pihak Google bakal menyediakan OS ini untuk beberapa smartphone dalam beberapa minggu ke depan, seperti Nexus 4,7,10, Galaxy S4 dan HTC One edisi Google Play. (sdm/r4)