Andromax Salip Penjualan Dongle Modem

Tidak ada komentar 115 views

Surabaya, (DOC) – Tren permintaan dongle modem, tahun ini menurun disalip smartphone Andromax. Dari total penjualan dongle modem terhadap perkembangan pasar telegadget dunia, kontribusinya tidak lebih dari 30 persen.
“Prediksi kami, tahun ini komposisi penjualan dongle modem berbalik. Begitu juga dengan total penjualan dongle modem kami, kontribusinya turun 30 persen,” ujar Deputy CEO PT Smartfren Telecom Tbk (Smartfren), Djoko Tata Ibrahim, Rabu (12/3/2014).
Diakui, pernjualan dongle modem yang dipasarkan Smartfren, tahun ini disalip Andromax. Dari total penjualan, smartphone andalan operator telekomunikasi berbasis CDMA ini ‘merajai’ hampir 60% pasaran gadget. “Kalau tahun 2013 lalu, dari seluruh gadget yang dipasarkan Smartfren, 60% adalah dongle modem, sisanya adalah Smartphone Andromax,” cetusnya.
Saat paparan dalam acara Smartfren Bussiness Outlook 2014 di TS Suites Hotel Surabaya, Selasa (11/3/2014) lalu, Djoko juga memrediksi, permintaan dongle modem tahun 2014 ini menurun porsinya, dibanding tahun lalu. “Ini seiring boomingnya smartphone berlayar leba yang menyebabkan turunnya permintaan dongle modem,” akunya.
Menurut Djoko, kondisi ini juga terjadi pada penggunaan laptop bagi konsumen telegadget di Indonesia. Katanya, dengan semakin banyaknya gadget smartphone berlayar lebar, maka penggunaan laptop pun mulai berkurang. “Ini berkibat langsung pada turunnya penjualan dongle modem,” singkatnya.
Sekelumit penjualan smartphone Andromax, lanjut Djoko, tahun lalu pertumbuhannya cukup tinggi. Data yang dilansir menyebut, penjualan Andromex mencapai kisarran 581 ribu unit. “Mengutip data IDC, tahun lalu pengapalan Andromax dari pabriknya di China, merupakan impor smartphone terbesar kedua di Indonesia,” tutupnya. (r4)