Anggaran PON Riau Diaudit BPK

 Nasional

Riau, (DOC) – Selama 35 hari, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI perwakilan Riau mulai bekerja. Tentu saja sasarannya adalah audit penggunaan anggaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII Riau 2012. Pemeriksaan itu sebenarnya sudah dimulai seminggu setelah pesta akbar itu berakhir.
Menurut Ketua Harian Pengurus Besar PON Riau, Syamsurizal, BPK akan mengaudit seluruh penggunaan anggaran di 13 bidang tersebut. Pemeriksaan itu menyangkut honorarium kegiatan di tiap bidang sampai masalah pengadaan barang dan jasa yang nilainya mencapai miliaran rupiah.
Sementara, PB PON Riau sendiri siap diperiksa dan diaudit. Karena itu, Syamsurizal sudah meminta kepada seluruh Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan dan seluruh bidang yang ada untuk menyiapkan data yang dibutuhkan BPK.
Diketahui, PON itu terselenggara berkat bantuan sosial APBN yang mencapai Rp94,2 miliar yang diposkan di Kementerian Pemuda dan Olahraga. Dana itu untuk membiayai akomodasi dan konsumsi atlet serta official peserta yang jumlahnya mencapai 11 ribuan orang. (bdc/R-4)