Anggota Dewan Surabaya Banyak Wajah Baru

Tidak ada komentar 179 views

Surabaya, (DOC) – Meski belum proses penghitungan suara peileg 2014 masih berjalan, namun prediksi siapa saja yang bakal masuk sebagai anggota legislative kota Surabaya mulai mengerucut. Data sejumlah partai memprediksi setidaknya 50 persen wajah baru bakal hadir di gedung DPRD Surabaya.
Pemenang Pileg 2014 di kota Surabaya dipastikan adalah PDIP dengan perkiraan perolehan kursi mencapai 23 atau 24 anggota Dewan. Salah satu pengurus DPC PDIP Surabaya, Adi Sutarwijono mengaku partainya hampir pasti mendapat 23 kursi. Namun dalam perkembangannya, lanjut Adi kemungkinan akan bertambah menjadi 24 kursi di DPRD Surabaya.
“Pastinya sementara 23 kursi tapi mungkin bisa bertambah jadi 24. Tunggu saja,” jelas pria yang akrab disapa Awi ini.
Beberapa nama yang dipastikan menjadi Caleg jadi antaranya incumbent Armudji, Adi Sutarwijono, Agustin Poliana, Tri Didik Adiono dan Syaifudin Zuhri dan Baktiono. Sementara nama baru yang muncul antaranya Diah Katarina yang juga istri mantan Wakil Wali Kota Bambang DH, serta Riswanto.
Sementara dari partai Gerindra yang menjadi pemenang nomor dua muncul banyak tokoh baru di kursi Dewan. Memprediksi mendapat setidaknya tujuh kursi, Gerindra sementara ini memastikan ketua DPC Gerindra Surabaya BF Sutadi maju sebagai anggota Dewan dari Dapil I.
Nama lain adalah AH.Thony yang pernah maju dalam putaran Pilwali tahun 2005 menang di Dapil III. Selain itu muncul nama H. Dharmawan (Dapil IV), Endy Suhadi dan Cholifah(Dapil V). Sementara incumbent Hj.Lutfiah masih bersaing ketat dengan Hamsah di Dapil II. Gerindra diprekirakan masih akan menambah dua kursi dari Dapil III dan IV.
Di sisi lain, PKB Surabaya memastikan mendapat enam kursi di DPRD Surabaya. Meski harus berjuang keras di wilayah baru, Dapil I, incumbent Masduki Toha ternyata menjadi Caleg pertama PKB yang memastikan diri kembali menjadi legislator.
Dua kursi PKB yang lain dipastikan didapat dari Dapil IV. Ketua DPC PKB Surabaya, Samsul Arifin dan incumbent Mazlan Mansur masuk prediksi calon jadi PKB. Kursi PKB yang lain di dapat oleh laila Mufidah dan Muslimin dari Dapil III serta Amin Ashaim dari Dapil V.
Yang menarik dalah perolehan Partai Keadilan Sejahtera(PKS). Sempat dikabarkan melorot, PKS berdasarkan real count berkas C1 masih mampu mempertahankan lima kursinya di DPRD Surabaya. Wakil ketua DPRD Surabaya, Ahmad Suyanto dan dua incumbent Fatkhur Rahman serta Reni Astuti hampir dipastikan kembali menduduki kursi Dewan. Sementara ketua DPD PKS Surabaya, Ibnu Shobir menang di Dapil V dan Sekretaris DPD Ahmad Zakaria maju dari Dapil III.
Sedangkan partai Golkar sampai saat ini masih belum bisa dikonfirmasi memenangkan berapa kursi. Namun sejumlah informasi menyebut Ayu Pratiwi yang maju di Dapil I meraih kursi DPRD Surabaya.
Sementara siapa saja legislator dari partai Demokrat sampai saat ini belum bisa terlihat. Hanya ketua DPRD Surabaya, M.Machmud dan Anggota Komisi A Ratih Retnowati yang dipastikan kembali ke gedung Dewan. Keduanya menjadi peraih suara terbanyak di masing-masing Dapil.
Sejumlah isu berkembang saat ini ada konflik yang cukup panas di tubuh partai akibat kekurangtransparanan real count di partai yang dipimpin Dadik Risdarianto itu di Surabaya. (ist/r4)