Ansor Surabaya dan d-onenews.com Ziarah ke Makam Bung Tomo

 Kesra

Surabaya (DOC) – Gerakan Pemuda (GP) Ansor Surabaya bersama kru www.d-onenews.com akan menggelar ziarah ke makam Pahlawan Nasional Bung Tomo di Ngagel Kota Surabaya pada Senin (22/10), dalam rangkaian acara memperingati Resolusi Jihad yang jatuh pada 22 Oktober.

Ketua GP Ansor Surabaya Much Asrori, Minggu, mengatakan, ada beberapa agenda yang disiapkan dalam dua bulan ini, dimana perlu diketahui bahwa 10 November yang yang diperingati sebagai Hari Pahlawan adalah puncak perlawanan arek-arek Suroboyo dalam melawan penjajah Belanda.

“Namun dalam sejarah bangsa Indonesia ada sebuah keputusan yang menjadi titik tolak semangat Arek Suroboyo dalam komando Bung Tomo, yaitu Resolusi Jihad Nahdatul Ulama (NU),” katanya.

Menurut dia, resolusi Jihad adalah bentuk keputusan yang mengikat dari Ulama se Jawa dan Madura yakni keputusan untuk “Jihad fi Sabilillah” melawan Belanda dari Tanah Air yang telah diploklamirkan kemerdekaannya pada 17 Agustus 1945.

“Maka menjadi ‘fardlu ‘ain’ bagi umat Islam untuk mempertahankan kemerdekaan Negera Republik Indonesia,” katanya.

Resolusi Jihad NU yang telah dirumuskan selama dua hari yaitu tanggal 21-22 Oktober 1945 oleh ulama dan kiai-kiai se-jawa dan Madura di Kantor NU Cabang Surabaya yang terletak di Jl. Bubutan VI No. 2 Surabaya.

Resolusi ini yang kemudian Keputusan Resolusi Jihad tersebut diberikan kepada Bung Tomo. Maka satu-satunya semangat Arek-arek Suroboyo melawan penjajah Belanda khususnya di Surabaya tidak dapat dilepaskan dari Resolusi Jihad NU.

Sebagai generasi muda, lanjut dia, khususnya Gerakan Pemuda Ansor hendaknya meneladani para Kiai dan Ulama serta Tokoh pemuda yang saat itu dengan darah dan nyawanya diberikan untuk menegakkan Neagara Republik Indonesia yang telah diproklamasikan pada tanggal 17 agustus 1945 oleh Bung Karno.

“Maka untuk itu pada 22 oktober, kami usulkan kepada Pemerintah untuk ditetapkan sebagai Hari Resolusi Jihad,” katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia Peringatan Resolusi Jihad GP Ansor Surabaya M. Hasyim Asyari mengatakan dua bulan ini bagi Ansor adalah bulan yang penuh Momen bagi generasi muda, 22 Oktober Hari Resolusi Jihad NU, 28 Oktober sebagai hari Sumpah Pemuda dan 10 November sebagai Hari Pahlawan.

Adapun kegiatan memperingati Resolusi Jihad terangkai dalam kegiatan ziarah dan wasilah kepada tokoh Resolusi Jihad yaitu KH. Hasyim Asya’ari, KH. Bisyri Syansuri, KH. Wahab Hasbullah, KH. Abdullah Abbas Cirebon dan Bung Tomo.

Selain itu, lanjut dia, dipuncak acara memperingati Resolusi Jihad NU ini, GP Ansor bekerja sama dengan www.d-onenews.com akan menggelar Pameran Foto di Balik Perlawanan Arek-arek Suroboyo 10 Nopember 1945 yang berlangsung pada 5-11 November di atrium Royal Plaza.

“Ada juga diskusi dan bedah buku, Testimoni dan temu Pahlawan 10 November 1945. Lomba Orasi, Lomba mewarnai, dan lomba karya ilmiah,” katanya. (R9)