Antisipasi Teror, Dishub Pasang Kamera CCTV Pengenal Wajah di Terminal Purabaya

foto : Terminal Purabaya(dok)

Surabaya,(DOC) – Untuk meminimalisir tindak kejahatan termasuk aksi terorisme, Dinas Perhubungan(Dishub) Kota Surabaya memasang 8(delapan) unit kamera CCTV di terminal Purabaya.

Bukan hanya sekedar memantau, kamera-kamera tersebut juga berfungsi untuk mengenali wajah.

“Delapan kamera itu dipasang di sejumlah pintu masuk terminal. Kamera jenis ini merupakan produk terbaru dan bisa mendeteksi wajah seseorang hingga 60 persen,” ungkap Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya, Irvan Wahyu Drajat, Kamis(24/5/2018).

Dishub bekerjasama dengan pihak kepolisian dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispenduk Capil) memasang kamera CCTV demi menciptakan suasana aman dan nyaman di area terminal Purabaya.

“Data warga dan terduga pelaku kejahatan bisa terdeteksi semua. Bahkan para calo bus-pun, akan mudah dikenali,” jelas Irvan.

Kadishub menyatakan, kamera CCTV  saat ini resolusi dan kemampuannnya makin canggih. Dengan pemasangan kamera tersebut, pihaknya akan mudah memetakan, apakah orang-orang yang ada disekitar terminal calon penumpang atau calo bus.

“Semua kejadian di terminal terekam, mungkin pembiusan, gendam, perampokan dan sebagainya,” katanya

Total jumlah kamera CCTV yang terpasang di terminal Purabaya kini bertambah menjadi 40 unit, karena, lanjut Irvan, sebelum penambahan delapan unit kamera baru, Dishub telah memasang 32 CCTV di tahun 2017 lalu. Namun selama ini, dari pantuannya kasus kriminalitas seringkali terjadi di luar terminal.

“Kalau pengamanan di terminal begitu ketat. Kebanyakan kasus pembiusan dan gendam terjadi saat di perjalanan,” tandasnya.

Untuk pengamanan arus mudik di tahun 2018 ini, Irvan menambahkan, Dishub akan menerjunkan sekitar 500 personel yang bertugas selama 24 jam. Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, Dishub juga akan meelibatkan satpol PP, linmas dan aparat TNI/Polri untuk pengamanan mudik lebaran.

“Petugas akan bersiaga selama 24 jam dan itu rutin dilakukan setiap tahun,” pungkas Irvan.(rob/r7)