Apa Itu Dumolid?

Tidak ada komentar 38 views

apa itu dumolid

Jakarta, (DOC) – Nama dumolid belakangan ini tenar sejak terkuaknya kasus Tora Sudiro, artis yang ditangkap polisi karena kasus penyalahgunaan obat terlarang. Nah, apa sih sebenarnya dumolid? Apa obat ini termasuk dalam jenis narkoba?

Sebenarnya, dumolid adalah obat yang sering diresepkan dokter untuk mengatasi insomnia atau gangguan tidur, gangguan kecemasan, bahkan depresi. Obat ini bisa memberi efek tenang bagi penggunanya.

Dumolid merupakan merek obat generik nitrazepam yang masuk ke dalam kategori obat Benzodiazepin (obat penenang). Dalam aturan perundang-undangan sendiri, nitrazepam ini masuk ke dalam jenis psikotropika golongan IV. Di mana, penggunaan atau pembelian obat ini harus dengan resep dokter. Jika digunakan tanpa resep dokter, maka hal ini termasuk dalam penyalahgunaan obat.

Mengapa harus dengan resep dokter? Hal ini karena dumolid bisa membahayakan jika dipakai sembarangan, bahkan dapat membuat penggunanya menjadi ketergantungan. Ketergantungan yang parah terhadap dumolid justru dapat membuat penggunanya menjadi depresi.

Saat orang yang ketergantungan mengalami depresi, ia akan mencari dumolid lagi karena percaya dumolid dapat membantunya. Hal ini kemudian dapat membuat “lingkaran setan” yang tak henti dalam penggunaan dumolid. Ketergantungan dengan dumolid juga dapat mengakibatkan gejala sakau dan kejang saat pengguna menghentikan penggunaan obat secara tiba-tiba, seperti penggunaan narkoba pada umumnya. (and)