APEC ‘Bakal’ Matikan UKM Indonesia

Tidak ada komentar 106 views

Surabaya, (DOC) – Sebanyak 60 persen UKM yang ada di Indonesia menjadi incaran negara ASEAN yang menjadi anggota APEC. Dimana ini menjadi ancaman tersendiri bagi Indonesia apabila tidak bisa mempertahankan produk-produk dalam negri sendiri.
Wakil Ketua Umum Bidang Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kadin Jatim, M Rizal mengatakan kita akan dijadikan pasar tunggal. Makanya sekarang sedang kami godog berbagai langkah antisipasi untuk melindungi pasar dometik yang kita miliki. Selain itu, langkah penguatan industri dalam negeri, termasuk UKM harus terus dilakukan.
“Beberapa upaya terus dilakukan diantaranya dengan terus menumbuhkan rasa cinta produk Indonesia dalam jiwa masyarakat. Ini adalah benteng kokoh agar produk dalam negeri tidak goyah oleh gempuran produk luar. Selain itu, daya tawar dan daya saing juga harus ditingkatkan melalui pemberian akses permodalan yang kuat kepada UKM serta peningkatan pengetahuan,” kata Rizal, Rabu (18/9/2013).
Rizal menambahkan langkah selanjutnya yang terus dilakukan dan tidak kalah penting adalah peningkatan SDM yang bersangkutan, termasuk buruh. Kalau bisa harus ada sertifikasi buruh agar mereka tidak seenaknya menuntut kenaikan upah sementara kerja tidak becus.
“Harus ada sertifikasi keahlian yang akan menjadi acuan dalam penentuan upah. Ini akan menjadikan mereka lebih kompetitif,” tambahnya.
Dengan penguatan-penguatan tersebut diatas, Rizal menyakini Indonesia dan produk-produk dalam negri akan siap menghadapi pasar bebas ASEAN yang sedianya akan diberlakukan pada tahun 2015 mendatang. (dan/r4)