Apel Baik Untuk Jantung

Tidak ada komentar 143 views

Surabaya, (DOC) – Apel bisa menjadi cara untuk mencegah seseorang dari penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung dan stroke. Studi terbaru yang diterbitkan dalam jurnal BMJ menyebutkan, makan satu apel setiap hari membuat seseorang tidak perlu untuk mengonsumsi obat-obatan statin. Obat statin adalah obat yang digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol yang biasa dikonsumsi orang dewasa di Inggris berusia 50 tahun ke atas.
Kolesterol, terutama jenis LDL, adalah musuh bagi tubuh saat berlebihan. Kelebihan kolesterol dapat menimbulkan timbunan plak dalam arteri. Jika arteri tersumbat dan didukung tekanan darah tinggi, maka risiko terkena stroke dan gagal jantung meningkat.
Dalam studi yang dilakukan ilmuwan dari BHF Health Promotion Research Group, Nuffield Department of Population Health di Universitas Oxford tersebut mendapati, para peserta studi diamati perubahan pada diri mereka setelah rutin makan apel setiap hari. Para peserta tidak diminta melakukan perubahan pola makan atau gaya hidup lain. Tingkat kematian mereka yang berasal dari serangan jantung dan stroke tutut dicatat.
Seperti dilansir Care2, hasilnya peserta yang makan apel setiap hari atau mereka mengambil obat statin setiap hari, diketahui memiliki pengurangan risiko kematian akibat masalah kardiovaskular. Kehebatan apel setara dengan obat statin. Ilmuwan memperkirakan jika 70 persen warga inggris yang berusia 50 tahun ke atas mau makan apel minimal sehari sekali, diperkirakan dapat mengurangi sekitar 8.500 kasus kematian setiap tahunnya akibat serangan jantung atau stroke. Jika yang mengonsumsi apel ada 90 persen, maka jumlah nyawa bisa diselamatkan mencapai 11.000 jiwa per tahun.
“Satu buah apel per hari atau statin sehari memiliki kemungkinan yang sama untuk menjauhkan Anda dari dokter,” kata peneliti.
“Kami menemukan bahwa pepatah lama 150 tahun yang lalu mampu disejajarkan dengan obat modern dan cenderung memiliki efek samping yang lebih sedikit ,” tambahnya. (sdm/r4)