Arek-Arek Suroboyo Bertempur Lagi di Surabaya Membara

foto : Surabaya Membara

Surabaya,(DOC) – Pertempuran sengit antara arek-arek Suroboyo dengan tentara Inggris digambarkan kembali oleh Paguyuban Masyarakat Surabaya di Tugu Pahlawan lewat drama kolosal perjuangan Surabaya Membara, Kamis(9/11/2017) malam.

Drama kolosal yang melibatkan ribuan pemeran ini, berlangsung seperti faktanya saat pertempuran di jaman penjajah dulu. Dentuman bom hingga letusan senapan terdengar saling bersahutan selama satu jam, hingga ratusan korban jiwa bergelimpangan sepanjang jalan Pahlawan depan kantor Gubernuran.

Acara ini pun menjadi tontonan seru warga Surabaya untuk mengetahui bagaimana sejarah Arek-arek Suroboyo saat melawan Inggris yang diboncengi tentara Nica(Netherlands Indies Civil Administration).

Taufik Hidayat, sutradara drama kolosal ‘Surabaya Membara’ menyatakan harapannya kepada para pemuda sekarang ini untuk terus mengenang jasa – jasa para Pahlawan.

“Generasi muda gara senantiasa mengingat para pahlawan terdahulu yang telah rela berkorban dengan segenap jiwa raga merebut dan mempertahankan kemerdekaan RI,” ungkapnya.

Ia juga berharap kepada pemerintah untuk selalu memberikan penghargaan lebih kepada para pahlawan saat melawan penjajah dikota Surabaya dahulu.

“Atasnama Paguyuban Warga Surabaya, kami mendorong pemerintah RI memberikan perhatian kepada sejumlah nama pahlawan pertempuran 10 November yang belum mendapat penghargaan untuk segera diberi gelar pahlawan,” tandasnya.(hd/r7)