ASN Dilarang Jadi Tim Sukses Calon Gubernur Jatim

Surabaya (DOC) – Sekertaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Timur akan buat surat edaran baru, terkait peringatan larangan keras bagi PNS atau aparatur sipil negara (ASN) yang bermain politik praktis dalam ajang Pilkada kabupaten/kota maupun Pilgub Jatim tahun 2018.

“Dulu ada surat edaran gubernur agar PNS atau ASN harus netral. Tapi nanti akan saya ingatkan lagi. Ini karena tahun depan ada 18 pilkada kabupaten/kota dan pilgub Jatim. Surat edaran gubernur akan diperbarui,” kata Sekdaprov Sukardi, usai menerima Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) di kantor gubernur Jatim, Kamis (19/10/2017).

Pihaknya akan melapor kepada Gubernur Jatim Soekarwo untuk mengeluarkan surat edaran terbaru bagi ASN di lingkungan Pemprov Jatim. ASN memang tidak boleh berpolitik praktis. Tetapi mereka tetap boleh menyalurkan hak politiknya.

“ASN tidak boleh jadi tim sukses. Meskipun itu dilakukan di luar jam atau hari kerja, tetap tidak boleh. Status ASN kan melekat, jadi tidak boleh dan tidak bisa ditawar-tawar lagi,” tegas dia.

Sementara itu, pada 2016, KASN menyatakan telah menerima sebanyak 53 pengaduan pelanggaran netralitas PNS. Sebanyak 35 pengaduan di antaranya telah diselesaikan, sedangkan sisanya masih dalam proses. (bah)