Aspirasi Warga Tak Pernah Diperjuangkan Dewan

Tidak ada komentar 135 views

Surabaya, (DOC) – Pelaksanaan masa reses terakhir para anggota DPRD Surabaya dalam kurun waktu tahun 2012, baru saja usai minggu lalu. Beberapa hal menjadi catatan dalam reses kali ini, terutama banyaknya warga yang mengeluhkan tindak lanjut hasil reses.

Sebelumnya banyak hasil reses itu hingga kini masih banyak yang tak terealisasi alias nyantol. Akibatnya banyak gugatan muncul dari warga kepada anggota dewan. Proyek yang diajukan warga sejak 1-2 tahun yang lalu tak kunjung terealisasi, sehingga mereka kecewa terhadap reses dewan. Menurut Baktiono, Ketua Komisi D, masyarakat menuntut dan mempertanyakan hasil reses sebelumnya yang tak ada jluntrungnya.

“Banyak dari masyarakat bertanya ke kami soal pengajuan usulan mereka dalam reses sebelumnya, ada yang tahun 2010, ada yang tahun 2011 dan hingga kini belum ada hasilnya. Semestinya pemkot melakukan komunikasi ke mereka agar masyarakat tidak bertanya-tanya,” ujar Baktiono.

Lebih lanjut Baktiono menyatakan pihaknya sebenarnya sudah sering mempertanyakan ke instansi terkait tapi tetap saja tidak ada hasil. Lebih lanjut, nyantolnya sejumlah pengajuan usulan masyarakat melalui jaring aspirasi masyarakat ini ditengarai oleh Baktiono akibat rendahnya kinerja dinas terkait. Hal ini terlihat dari rendahnya serapan anggaran yang tahun ini belum sampai 50 persen.

Untuk itu Baktiono berharap agar walikota mengambil sikap tegas, bila kinerja aparatur di bawahnya tidak berjalan optimal, maka harus segera disikapi agar tidak berlarut-larut. (K5/R4)