D-ONENEWS.COM

Awal Ramadan dan Lebaran Bakal Berbarengan

Jakarta (DOC) – Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) memprediksikan awal puasa Ramadan tahun ini akan jatuh pada tanggal yang sama. Selain itu, Lapan juga memprediksi hari raya Idul Fitri atau lebaran tak akan ada perbedaan antara pemerintah dengan organisasi kemasyarakatan Islam lainnya.

“Awal Ramadan dan Idul Fitri tahun ini akan seragam. Awal puasa 17 Mei dan Idul Fitri 15 Juni (2018),” kata Kepala Lapan, Thomas Djamaluddin, Senin (16/4/2018).

Bahkan, kata Thomas, sampai tahun 2021 mendatang awal Ramadan, Idul Fitri dan Idul Adha akan bersamaan.

“Insyaallah sampai 2021 awal Ramadan, Syawal dan Dzulhijjah akan seragam,” ungkap Thomas.

Sementara itu, Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi Kementerian Agama (Kemenag), Mastuki mengatakan, pemerintah belum bisa memastikan kapan awal Ramadan tahun ini.

“Kami belum tahu sama atau tidak. Karena nanti lewat Sidang Isbat. Tanggal 1 Ramadan tahun ini itu tanggal berapa?” kata dia.

Menurut Mastuki, mekanisme penentuan awal Ramadan melalui Sidang Isbat digelar pihaknya dengan mengundang berbagai perwakilan ormas Islam.

“Jadi untuk tanggal sama atau tidak di Sidang Isbat yang akan menetapkan. Memang unik penetapan tanggal 1 Ramadan,” ujar Mastuki.(kcm/ziz)

Loading...

baca juga